10 Aplikasi Desain Rumah Android, Ciptakan Hunian Impian

Aplikasi desain rumah Android bisa membantu Anda untuk menciptakan rancangan hunian tinggal impian yang mudah dan murah. Anda bisa merancang sendiri bagaimana referensi rumah Anda nantinya.

Anda dapat mengutak-atik rancangan tampilan interior dan eksterior rumah hingga lokasi setiap ruangan agar nyaman sebagai tempat tinggal. Hal itu semua kini bisa Anda pelajari dan lakukan sendiri karena semakin banyak aplikasi di Android untuk mendesain rumah. 

Ada banyak aplikasi desain rumah maupun interior yang bisa Anda temukan saat ini. Namun, berikut 10 aplikasi desain rumah di HP Android yang cukup recommended. Kenapa? Karena semuanya cukup mudah digunakan dan murah.

1. Planner 5D – Interior Design

Aplikasi desain rumah android online

Aplikasi desain rumah Android online yang pertama adalah Planner 5D: Design Your Home. Anda bisa menciptakan sendiri desain rumah 2 dimensi maupun 3 dimensi tanpa butuh skill arsitektur. Semua itu bisa Anda pelajari langsung dengan arahan dalam aplikasi ini.

Fitur lainnya adalah fitur Catalog. Fitur ini menyediakan inspirasi furnitur yang akan Anda kreasikan dalam rancangan rumah tinggal. Anda bisa memilih warna, motif, dan jenis material dari setiap rumah yang Anda buat.

Namun untuk meningkatkan fitur-fitur premium dalam aplikasi ini, Anda harus membayar biaya sebesar 2,99 dolar atau sekitar Rp45.000 per bulan.  

2. Homify

Rekomendasi aplikasi desain rumah Android gratis adalah Homify. Homify bisa menjadi sumber inspirasi Anda dan pasangan dalam melakukan renovasi rumah. Anda hanya perlu menyimpan desain rumah atau perabotan favorit dari 1,5 juta foto desain interior dan arsitektur yang tersedia. 

Yang menarik, Anda bisa berkonsultasi dengan pemilik foto mengenai biaya dan waktu pengerjaan desain rumah yang Anda pilih. Homify juga memungkinkan untuk menemukan para profesional di kota tempat tinggal Anda untuk membantu proses renovasi rumah.

Ini merupakan aplikasi desain rumah Android free, tanpa ada fitur premium tambahan.

3. Houzz

Aplikasi desain rumah android offline

Aplikasi desain rumah Android offline tanpa perlu jaringan internet adalah Houzz. Berbeda dengan aplikasi lainnya, Houzz menawarkan secara langsung contoh desain rumah, sehingga Anda hanya perlu memilih desain yang mana, yang sesuai dengan kebutuhan. 

Tidak hanya desain rumah, Anda juga bisa memilih furnitur pada setiap sudut ruangan. Anda hanya perlu memberi tanda “like” atau “save photo”. Setelah selesai memilih, Anda bisa membagikan pilihan desain rumah tersebut ke media sosial.

Untuk menikmati lebih dari 11 juta koleksi foto desain interior rumah di Houzz, Anda hanya perlu log in dengan akun Facebook. Namun aplikasi ini membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar.

4. Floor Plan Creator

Aplikasi desain rumah android terbaru

Aplikasi desain rumah Android terbaru yang bisa Anda coba adalah Floor Plan Creator. Dalam aplikasi ini, kemampuan Anda untuk menghasilkan tampilan rumah yang realistis dan nyata akan diuji. Anda juga bisa mengatur luas bangunan rumah atau ruangan sehingga nampak seperti nyata.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah 3D Tour Mode. Anda bisa melihat tampilan rumah yang Anda desain secara tiga dimensi sehingga Anda bisa menjelajahi setiap sudut ruangan. Selain desain rumah, Anda bisa juga merancang denah rumah.

5. Live Home 3D

Aplikasi Desain Rumah Android terbaik

Salah satu aplikasi desain rumah Android terbaik adalah Live Home 3D. Anda bisa memilih sendiri furnitur untuk menghiasi tampilan interior rumah. Dalam aplikasi ini tersedia lebih dari 2000 objek 3 dimensi dengan ribuan material yang bisa menjadi alternatif saat mendekorasi rumah.

Baca Juga :  Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik

Untuk menggabungkan furnitur-furnitur yang Anda pilih, Anda bisa menggunakan scratch atau memilih yang sudah tersedia di kolom template. Tambahan lainnya, Anda dapat menjelajahi setiap sudut ruangan secara virtual dengan AR.

6. Room Planner – Interior Design IKEA

Tidak hanya menjual furnitur rumah tangga, IKEA juga memberikan inspirasi dalam penataan gaya rumah dan ruangan berdasarkan tren yang sedang berkembang. Hal itu pun bisa Anda lakukan dengan bantuan room planner dari IKEA. 

Anda dapat mendesain sendiri interior dan furnitur di setiap ruangan, tentunya dengan furnitur khas dari house market asal Swedia ini. Room Planner: Home Interior & Floorplan Design 3D memungkinkan Anda juga berkreasi pada furnitur yang Anda pilih mulai dari warna, motif hingga material. Jadi tidak perlu lagi jauh-jauh ke IKEA. 

7. Magicplan

Magicplan merupakan aplikasi desain rumah lainnya yang bisa Anda unduh secara gratis di Android. Fitur unggulan yang tidak ada di aplikasi lain yakni estimasi biaya. Dengan aplikasi Magicplan, Anda bisa belajar mengatur anggaran ketika hendak melakukan renovasi ruangan. 

Anda dapat mendesain setiap ruangan yang kemudian digabungkan menjadi satu dengan mengubah formatnya dalam bentuk XLS, SVG, atau PDF. Dari desain rumah tersebut, Anda dapat merubahnya kembali menjadi bentuk sketsa atau 3 dimensi. Keunggulan lainnya adalah aplikasi ini bisa memindai ruangan menjadi denah.

8. Home Design 3D – Freemium

Home Design 3D bisa menjadi alternatif dalam mendesain atau mendekorasi ulang interior rumah yang mudah bagi para profesional maupun pelajar. Anda dapat mendesain rumah secara detail seperti denah ruangan, pola lantai hingga motif dinding. 

Selain itu, Anda juga bisa menentukan sendiri furnitur dan barang-barang yang akan Anda pakai di setiap ruangan. Kemudian bagikan hasil karya desain rumah Anda ke media sosial.

Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis atau freemium. Namun jika ingin mendapatkan fitur-fitur premium, Anda bisa berlangganan sesuai paket yang tersedia.

9. Homestyler – Interior Design & Decorating Ideas

Aplikasi desain rumah android gratis

Aplikasi desain rumah Android gratis lainnya yakni Homestyler. Anda bisa menciptakan sendiri desain rumah impian sebagai tempat tinggal. Aplikasi ini mudah untuk dipelajari baik bagi profesional maupun amatir. Anda bisa mendesain rumah berdasarkan foto ruangan sendiri maupun desain premade yang tersedia di dalam aplikasi.

Anda dapat mengatur sendiri detail ukuran setiap ruangan dengan bantuan menu di Homestyler. Selain itu, untuk posisi dan lokasi furnitur di setiap ruangan, Anda jugalah yang mengaturnya. 

Tidak membiarkan Anda untuk belajar sendiri, aplikasi ini menyediakan panduan dan video tutorial untuk mendesain rumah, termasuk menyediakan komunitas untuk mendapatkan tren rumah terbaru.

10. Room Creator Interior Design

Aplikasi Room Creator Interior Design akan membantu Anda dalam mendesain interior rumah maupun ruangan. Anda hanya perlu melakukan drag & drop ketika memilih furnitur pada sebuah ruangan kosong sebelum menyulapnya menjadi dapur, ruang tamu, dan lain-lain.

Room Creator Interior Design tidak membutuhkan ukuran file yang besar. Namun katalog yang tersedia masih terbilang lengkap. Hal yang menarik, Anda akan berperan sebagai sudut pandang orang pertama dalam mendesain ruangan.

Nah, itulah rekomendasi aplikasi desain rumah android yang bisa Anda coba untuk mengembangkan ide hunian impian tempat tinggal Anda di masa depan. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa Anda unduh secara gratis, namun jika ingin mendapatkan fitur-fitur premium, Anda harus berlangganan.

Baca Juga :