10 Rekomendasi Anti Malware Terbaik untuk PC 2021

Apakah Kamu sering menggunakan internet dari komputer PC atau laptop? Hati-hati dengan ancaman malware (malicious software). Malware merupakan program jahat yang kerap menyusup ke dalam sistem. Oleh karena itu, PC atau Laptop kamu harus memasang anti malware terbaik.

Malware cukup membahayakan sistem pada komputer kamu, seperti tindakan pencurian data atau informasi lain penting lainnya. Apa sih sebenarnya malware? Apakah ada anti malware terbaik yang dapat mencegah terjadinya kemungkinan terburuk?  Cari tahu jawabannya di sini. 

Sekilas Tentang Malware 

Malware

Malware merupakan istilah software jahat dan berbahaya. Malware dapat tersebar melalui berbagai cara, seperti internet, email, atau situs web. Banyak perangkat komputer dan situs web yang menjadi korban jahatnya malware. 

Malware adalah induk dari beberapa program peretas, yaitu trojan, spyware, virus komputer, worm dan lainnya. Itulah alasannya, kamu membutuhkan anti malware yang terbaik untuk mencegah software ini merusak sistem komputer. 

Rekomendasi Anti Malware Terbaik

1. Norman Malware Cleaner

Norman Malware Cleaner

Rekomendasi pertama adalah Norman Malware Cleaner. Software anti malware untuk laptop dan komputer ini dapat menghapus malware yang terdapat di dalam sistem komputer tanpa perlu konfirmasi. 

Software anti malware Norman juga mampu mengembalikan registry yang telah terinfeksi. Berikut keunggulan dari Norman Malware Cleaner, antara lain :

  • Dapat membersihkan sistem yang telah terinfeksi oleh malware
  • Menghapus malware yang terdapat di dalam disk
  • Memperbaiki registry yang telah rusak
  • Memperbaiki fungsi dari firewall

2. Total AV

Total AV

Software TotalAV masih terbilang baru, namun kemampuannya mengatasi malware dapat bersaing dengan lainnya. TotalAv dapat melindungi sistem komputer dari malware secara totalitas. 

Selain itu, aplikasi anti malware PC ini juga lengkap dengan beberapa fitur tambahan, seperti :

  • Safe site, yang berfungsi nti membantu kamu dari situs palsu dan phising. Sehingga kamu dapat mencegah hacker mencuri informasi data-data penting milikmu. 
  • Password Vault dapat menjaga kredensial login dengan aman
  • Safe Browsing
  • Performance & optimization tools dapat membantu bersihkan hard disk dan membantu perangkat PC kamu berjalan lebih lancar. 

3. Malwarebytes

Malwarebytes

Merupakan salah satu anti malware yang terbaik di tahun 2020 lalu. Software ini mudah sekali kamu gunakan dan dapat kamu sesuaikan, serta mampu melindungi PC dari virus dengan maksimal. 

Kamu bisa mencoba menggunakan anti malware ini secara gratis selama 14 hari. Namun, versi gratis hanya mampu melindungi komputer saat real time saja. Jika kamu membutuhkan perlindungan yang 100% terbaik, maka harus memiliki Malwarebytes Premium terlebih dahulu. 

4. Adw Cleaner

AdwCleaner

Adwcleaner merupakan aplikasi anti malware yang dapat mendeteksi semua infeksi. Aplikasi ini cukup ringan namun tetap mampu menghilangkan PUP, atau pembajakan. 

Kamu hanya membutuhkan waktu sebentar saja untuk memusnahkan keseluruhan malware di dalam komputer. 

5. ComboFix

ComboFix

ComboFix merupakan anti malware gratis yang cukup efektif dan akurat memusnahkan ancaman malware. Aplikasi ini dapat membersihkan malware dengan tingkat keberhasilan yang lumayan tinggi. 

Meski terlihat jadul karena interface-nya yang sederhana, namun benar-benar efisien untuk membersihkan malware dari PC kamu. 

Sayangnya, aplikasi ini tidak dapat berjalan pada Windows 8.1 dan 10. 

6. Microsoft Safety Scanner

Microsoft Safety Scanner

Microsoft meluncurkan software anti malware terbaik yang dapat kamu unduh dan pasang secara gratis serta bersifat portable, yaitu Microsoft Safety Scanner. 

Meski terlihat sederhana, namun cukup efektif dan efisien untuk membersihkan malware. 

Kamu bisa mengunduh software ini untuk 10 hari, kemudian harus kembali mengunduhnya jika ingin menggunakannya di lain hari.  

7. Sophos Home

Sophos Home

Sophos Home menjadi salah satu rekomendasi anti malware gratis terbaik yang dapat kamu pilih. Pengguna Windows dan Mac dapat menggunakan Sophos Home untuk melindungi komputer dari serangan malware, ransomware, virus atau adware. 

Beberapa ahli IT juga merekomendasikan Sophos Home sebagai anti malware terbaik. Karena, software ini mampu mendeteksi aktivitas yang mencurigakan atau terindikasi sebagai malware. 

8. BitDefender 

 

Bit Defender

Nama Bitdefender pastilah tidak asing lagi di telinga sebagai salah satu anti malware terbaik. Bitfender tidak hanya mampu mengatasi malware tetapi juga virus berbahaya di komputer. 

9. Kaspersky Antivirus

Kaspersky

Anti virus Kaspersky cukup populer untuk memproteksi perangkat kamu sedari dulu. Software ini fokus untuk menghapus virus dan melindungi perangkat PC kamu dari malware. 

Kelebihan software ini adalah mudah kamu jalankan dengan interface yang user friendy. Sehingga tanpa perlu repot mempelajarinya terlebih dahulu. 

Untuk versi premium, kamu bisa membayar Rp. 400ribu-an saja. 

10. McAfee Total Protection

McAfee

McAfee Total Protection sudah berbekal fitur yang lengkap untuk menjaga perangkat kamu dari malware. Dengan interface yang friendly, tak heran jika banyak yang menggunakan anti malware satu ini. 

McAfee Total Protection mengklaim dapat melindungi PC kamu berkat adanya Cloud-Based Threat. 

Selain itu, anti malware ini juga dapat memblokir iklan-iklan yang biasanya muncul saat kamu berselancar di internet. 

Kesimpulan 

Demikianlah ulasan 10 rekomendasi anti malware terbaik yang bisa Kamu gunakan untuk memproteksi komputer dari malware. Kamu bisa mencoba satu persatu software di atas untuk menemukan yang cocok dan paling baik.

Jangan lupa untuk hanya mengunjungi website yang memiliki SSL agar selalu aman dari ancaman malware. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar