10 Aplikasi Translate Terbaik untuk Smartphone 

10 Aplikasi Translate Terbaik untuk Smartphone  – Tahu nggak sih, bahwa aplikasi model ini merupakan sebuah aplikasi yang sangat ramai digunakan dan dibutuhkan oleh berbagai pihak. Mulai dari pihak yang bergelut di bidang pendidikan, bisnis, traveling, atau yang lainnya.

Bahkan pihak pihak yang melakukan interaksi kasual, baik itu offline dengan online juga sangat membutuhkan aplikasi model ini.

Mengapa demikian? Karena dengan bantuan aplikasi translate terbaik untuk smartphone, anda dapat membaca, kemudian menulis, sampai dengan belajar berbicara dengan menggunakan bahasa asing. Dan kabar baiknya, saat ini sudah cukup banyak aplikasi aplikasi yang bisa digunakan.

Dan yang nggak kalah menariknya lagi adalah, aplikasi model ini sebenernya nggak hanya sebatas mampu menerjemahkan teks saja loh. Tapi juga bisa menerjemahkan audio. Tapi, tergantung aplikasi mana yang anda gunakan nantinya.

Oleh karena itu, usahakan untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan ya. Buat yang masih bingung nih, mau make aplikasi yang mana, maka bisa cobain pake beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan berikut. 

Aplikasi translate terbaik

Berikut adalah beberapa rekomendasi dari kami. 

Google translate

Untuk saat ini, semua kita pasti sudah nggak asing dengan google translate kan? Secara, ia merupakan salah satu aplikasi translate terbaik yang pernah ada. Dan sudah kelihatan dari namanya, kalau ia adalah aplikasi yang dibuat oleh pihak google.

Selama ini, mana pernah sih ada aplikasi buatan google yang mengecewakan kualitasnya. Ia kan? Nah buat anda yang membutuhkan aplikasi model ini, kami sarankan buat menggunakan google translate deh. Kapan lagi kan bisa menggunakan aplikasi terbaik kayak gini?

Hal paling menarik yang ditawarkan oleh pihak google dari aplikasi mereka adalah jumlah bahasa yang didukung mencapai 100 an bahasa. Selain itu, sudah didukung dan dilengkapi pula dengan berbagai macam fitur fitur yang menarik. Salah satu fiturnya adalah untuk mendeteksi bahasa secara otomatis.

Kemudian, anda nggak hanya sebatas bisa menerjemahkan teks doang. Tapi juga bisa banget nerjemahin suara, kemudian gambar, dan lain sebagainya. Menarik sekali bukan? Ada juga fitur voice translationnya. Yang mana fitur ini juga nggak kalah kerennya dengan fitur fitur yang lain. 

Yakni memungkinkan anda untuk menerjemahkan pembicaraan atau obrolan. Kalau dulunya sih, anda cuma bisa nerjemahin kata per kata doang. Tapi sekarang sudah berbeda. Karena anda bahkan sudah bisa nerjemahin langsung dalam jumlah kata yang banyak.

Aplikasi Ini bisa digunakan secara gratis. Dan bisa didapatkan lewat app store ataupun google play store. Kalau penasaran dengan berbagai fitur menariknya, silahkan download aplikasinya sekarang juga, dan nikmati berbagai hal menarik lainnya yang ditawarkan. Oh ya, aplikasi ini juga bisa digunakan secara online atau offline ya. 

Microsoft Translator

Kalau aplikasi sebelumnya merupakan aplikasi besutan google, maka aplikasi translate terbaik yang berikutnya merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak microsoft. Dari namanya juga sudah bisa anda tebak kan? Nah, aplikasi ini juga nggak kalah bagusnya kok dengan aplikasi sebelum nya.

Yang mana, pihak develop nya juga sudah menyediakan berbagai macam fitur fitur menarik yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah fitur untuk menerjemahkan ke dalam 60 an bahasa. Anda bahkan dapat menerjemahkannya secara online maupun offline.

Baca Juga :  Cara Mengatasi WhatsApp Nggak Bisa Masuk

Menarik banget kan? Kemudian, aplikasi ini nggak cuma bisa nerjemahin teks doang, tapi juga bisa nerjemahin gambar, suara, secara langsung yang sudah ada di ponsel atau di kamera. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi dari microsoft ini adalah fitur multi person conversation translationnya.

Dengan bantuan fitur tersebut anda bisa menerjemahkan beberapa bahasa di sebuah percakapan yang sama loh.

Sehingga, ketika anda tengah melakukan pertemuan, aplikasinya mampu menerjemahkan apa yang sedang dibicarakan.  Aplikasi ini juga bisa digunakan dan dinikmati secara bebas, dan anda bisa mendapatkannya lewat play store dan juga app store. 

Naver Papago

Papago adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh naver, sesuai namanya. Ia adalah salah satu aplikasi yang cukup ramai digunakan oleh banyak orang. Terutama dari kalangan mahasiswa ya. Jumlah bahasa yang didukung oleh papago ini memang cukup terbatas dan nggak sebanyak aplikasi lain.

Yakni hanya 13 saja. Meskipun demikian, namun cakupan bahasanya menurut kami sudah lumayan kok. Karena bahasa yang dipilih adalah bahasa-bahasa yang populer. Kayak bahasa Korea, kemudian ada inggris, mandarin, jepang, vietnam, dan lain sebagainya.

Dan yang paling penting, juga ada bahasa indonesianya.  Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan. Sebagaimana aplikasi aplikasi translate terbaik lainnya, ia juga punya kemampuan buat menerjemahkan bahasa, baik itu yang dalam bentuk teks maupun suara.

Oh ya, percakapan juga bisa kok.  Pihak pengembang aplikasi juga sudah menyediakan berbagai macam fitur fitur yang menarik yang bisa digunakan. Salah satunya adalah siap menerjemahkan secara otomatis, dan menampilkannya ke bagian layar ponsel anda.

Oke, daripada penasaran dan ingin segera mencoba kehebatan aplikasi papago ini, langsung download aja aplikasinya sekarang. Kabar baiknya, aplikasi buatan never ini sudah kompatibel dengan sistem operasi android dan juga sistem operasi ios. 

Triplingo

Adapun rekomendasi yang lainnya adalah aplikasi triplingo. Ia merupakan salah satu aplikasi yang juga recommended banget deh buat digunakan. Baik itu buat kepentingan kuliah, kemudian bisnis, atau yang lainnya. Terlebih lagi untuk kepentingan traveling ya.

Di dalamnya sudah tersedia berbagai macam fitur yang menarik. Mulai dari fitur translate teks, gambar, sampai dengan suara. Kemudian, tersedia juga fitur live translator service. Yang Mana, dengan bantuan fitur satu ini anda akan dihubungkan dengan human translator.

Wah, ini keren banget sih. Kemudian, ada juga fitur vulture guide. Yang bisa ngasih anda informasi seputar tiket.  Yang jelas, masih ada segudang fitur fitur menarik lainnya yang bisa anda gunakan. Banyaknya fitur fitur yang ditawarkan membuat anda harus mempertimbangkan aplikasi ini.

Karena fitur yang segudang tersebutlah yang telah membuat banyak orang tertarik menggunakannya. Anda bisa menggunakannya sekarang juga. Tapi jangan lupa untuk mendownload aplikasinya dahulu lewat google play store ataupun lewat app store.

Translate Now

Translate now, atau aplikasi terjemah sekarang juga masuk ke dalam salah satu aplikasi translate terbaik yang bisa anda gunakan nantinya. Adapun bahasa yang didukung oleh aplikasi ini adalah 110 an bahasa. Wah, lumayan banyak banget kan? Dan kabar baiknya lagi, anda bisa menerjemahkan file dalam bentuk teks dengan bentuk suara.

Sudah banyak sekali fitur fitur menarik yang ditawarkannya. Salah satunya adalah fitur kamera dengan ar translation yang siap mempermudah proses penerjemahan, memberikan petunjuk, dan yang lainnya. Bukan hanya itu saja, karena ternyata aplikasi translate now juga  menghadirkan translator keyboard yang sudah didukung lebih dari 60 bahasa.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Pending Terus

Kemudian ada juga fitur fitur conversation mode yang bisa anda manfaatkan saat mau berinteraksi dengan orang orang yang berasal dari negara yang berbeda.

Aplikasi keren dengan segudang fitur menariknya ini sudah kompatibel dengan perangkat yang bersistem operasi ios dengan android. Sayangnya, sejauh ini hasil yang diterjemahkannya belum 100 persen akurat. Jadi, bisa dipertimbangkan lagi ketika akan menggunakannya.

Text Grabber

Rekomendasi yang lainnya adalah aplikasi text grabber. Ia merupakan aplikasi yang bagus banget digunakan ketika anda membutuhkan bantuan berupa alat penerjemah petunjuk jalan, kemudian menu atau printed text, manual alat elektronik, dan yang lainnya.

Aplikasi text grabber bisa digunakan dengan sangat mudah dan simpel. Karena anda cuma perlu mengarahkan kameranya ke aplikasi doank, dengan demikian maka pihak aplikasinya bakalan langsung nyoba menerjemahkan teks yang ada. Aplikasi mampu mengcover atau menerjemahkan 10 bahasa, dan bisa digunakan secara offline.

Jadi, kalau digunakan secara offline, maka cuma didukung oleh 10 bahasa doang. Tapi ketika anda mau variasi bahasa yang lebih banyak, bahkan sampai 100 bahasa, maka anda dapat menggunakannya secara online. Bukankah ini sebuah pilihan yang sangat menarik?

Selain dapat menerjemahkan file atau hal yang berbau teks, aplikasi ini juga mampu kok menerjemahkan hasil translate yang dalam bentuk voice. Alias menerjemahkan voice ke bahasa yang dibutuhkan. Hal ini karena ia sudah didukung dengan fitur menarik yang bernama voice over system.

Bukan hanya itu saja, masih ada segudang kelebihan dan keunggulan dari text grabber. Salah satunya adalah adalah keunggulan dari segi fitur scan nya.

Ketika ada alamat, kemudian email, nomor link, alamat di bagian scan, maka pihak aplikasi mampu membuat dokumen tersebut jadi clickable loh. Kalau sekiranya penasaran, bisa langsung coba download aja aplikasinya. Karena sudah bisa ditemukan di aplikasi google play store ataupun app store. 

iTranslate

Aplikasi satu ini merupakan aplikasi khusus yang hanya bisa digunakan oleh para pengguna apple ya. Sesuai dengan namanya lah ya. Karena biasanya aplikasi aplikasi apple pasti nama awalannya dikasih huruf i. Nah, bagi anda yang menggunakan perangkat apple, wajib sih nyobain aplikasi yang satu ini.

Karena ia sudah didukung oleh 100 an bahasa asing, baik itu menerjemahkan teks maupun suara. Selain itu, pihak aplikasi juga sudah nyediain text translation yang dilengkapi dengan autocomplete dan bisa anda jadikan sebagai alternatif dari terjemahan yang utama.

Kemudian ada juga fitur camera translation yang siap membantu anda ketika akan membaca menu dengan petunjuk. Sehingga nggak bakalan kebingungan deh. Kemudian, aplikasi ini juga mempunyai kemampuan buat menerjemahkan objek yang terdapat di bagian layar loh.

Dan yang paling uniknya, ia menawarkan pilihan berganti dialek, Dan ini hanya berlaku untuk beberapa bahasa saja ya. Nantinya, bisa anda coba sendiri.

Terlebih lagi ketika akan berkomunikasi dengan warga lokal saat sedang berjalan jalan ke luar negeri. Kabar baiknya lagi, aplikasi besutan apple ini nggak hanya bisa digunakan oleh para pengguna apple doang. Tapi juga bisa banget digunakan oleh anda yang menggunakan android.

Mengapa? Karena aplikasinya bisa anda dapatkan lewat google play store. Jika anda tertarik dan ingin sekali menggunakan aplikasi sebutan apple, bisa cobain aplikasi ini saja.

Kapan lagi kan bisa nyobain aplikasi yang khusus buat apple, tapi digunakan di android. Apalagi nih, jarang banget loh ada aplikasi yang khusus buat apple tapi tersedia di aplikasi google play store. 

Baca Juga :  Cara Download Aplikasi di Laptop

Speak and Translate

Aplikasi translate terbaik yang lainnya adalah aplikasi speak and translate. Pernah mendengar nama aplikasi ini? Pasti sudah pada kenal dan nggak asing lagi kan? Yes, wajar sih. Karena ia termasuk ke dalam salah satu aplikasi terbaik yang sangat ramai digunakan oleh orang orang.

Aplikasi speak and translate adalah aplikasi yang dikembangkan oleh pihak perusahaan teknologi apalon. Ada segudang keunggulan yang dimilikinya. Salah satunya adalah sudah didukung oleh 117 bahasa. So, kalau anda perlu aplikasi atau alat untuk menerjemahkan sesuatu ke dalam jumlah bahasa yang beragam, wajib sih nyobain aplikasi ini.

Karena banyaknya pilihan bahasa pasti sudah menampung seluruh bahasa yang dibutuhkan. Ia kan? Kemudian, sebagaimana aplikasi lainnya, speak and translate ini juga dibekali dengan berbagai macam fitur menarik.

Seperti fitur camera translate yang berguna ketika anda ingin menerjemahkan gambar yang sudah ditangkap oleh kamera, baik itu yang berbentuk objek maupun teks. Kemudian ada juga fitur voice translate, yang sudah dibekali dengan teknologi speech recognition, yang mampu memahami kalimat atau kata yang didiktekan.

Gimana, keren banget kan? Canggihnya fitur fitur yang dibekali telah membuat aplikasi speak and translate menjadi salah satu aplikasi yang populer di banyak kalangan. So, yakin nggak tertarik untuk menggunakannya?

SayHi

Adapun rekomendasi yang lainnya adalah aplikasi say hi. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibawahi oleh amazon. Siapa sih yang nggak kenal dengan amazon? Pasti udah pada kenal kan dengan perusahaan besar tersebut? Nah, saat ini amazon punya banyak aplikasi yang bisa digunakan oleh siapapun.

Dan salah satu aplikasinya adalah aplikasi say hi. Yang mana, aplikasi ini merupakan aplikasi translate recomended yang juga bisa digunakan dengan mudah. Ia telah didukung dengan 90 an bahasa, dan beberapa dialek. Aplikasinya gampang digunakan. Jadi dijamin akan mempermudah anda deh ketika akan menggunakannya.

Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan adalah fitur speech recognition dengan kualitas yang super bagus. Jadi, fitur ini adalah fitur yang mampu menganalisis kalimat atau kata yang diungkapkan. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini bahkan juga punya pilihan, apakah akan memilih yang suara perempuan atau laki.

Nggak itu saja, ada juga pengaturan mempercepat dan memperlambat suara loh. Pihak developnya sudah mengintegrasikan aplikasi mereka dengan keyboard yang ada pada ponsel anda.

Tapi sayangnya, anda meski menggunakan aplikasi ini secara online saja. Kalau offline belum bisa. Oke, kalau penasaran silahkan download aplikasinya sekarang ya. 

Yandex

Sementara rekomendasi yang terakhir adalah yandex. Sebagaimana aplikasi translate terbaik sebelumnya, aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi yang populer kok di berbagai kalangan. Dan wajib buat dipertimbangkan. Untuk saat ini sudah ada lebih dari 10 juta orang yang menggunakannya.

Dan pihak aplikasi berhasil memperoleh rating yang sangat bagus loh. Yakni 4.5 dengan komentar atau ulasan yang sangat baik dari berbagai pihak. Ini menjadi salah satu indikasi bahwa aplikasi ini memang sangat baik buat digunakan. Ketika menggunakannya, maka anda akan disuguhkan dengan berbagai macam fitur dan keunggulan menarik. 

Oke, itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi dari kami. Silahkan pilih saja mana aplikasi yang kiranya sesuai dengan kebutuhan anda. Yang jelas, semua aplikasi di atas nyaris menawarkan fitur yang sama persisi kan? Demikian rekomendasi dari kami kali ini, semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba.