8 Makanan Anak Kos Hemat Tanpa Kulkas Terbaik

9 Makanan Anak Kos Hemat Tanpa Kulkas – Sebagai anak kost, anda pasti dituntut untuk hidup lebih prihatin. Entah itu karena uang kiriman yang sangat terbatas, ataupun karena banyaknya tugas tugas yang mesti anda selesaikan dengan mengeluarkan uang, sehingga membuat jatah bulanan habis cuma buat nugas.

Misalnya, diminta buat membeli buku dan ngeprint tugas. Iya kan? Sebagai anak kost, anda pasti ngerasain banget deh pengalaman pengalaman pahit tersebut. Terlebih lagi kalau mau minta uang sebelum tanggalnya, pasti ngerasa nggak enak banget.

Dan sebenarnya, permasalahan tersebut bisa kok diatasi dengan baik, asal anda mau memanajemen keuangan. Semakin bagus management anda, maka akan semakin bagus kondisi keuangan anda. Karena dengan demikian, itu artinya anda masih bisa menabung.

Dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui makanan anak kos hemat. Mungkin banyak di antara anda yang bertanya tanya, memangnya ada? Pasti susah deh karena nggak ada kulkas? Iya kan? Tapi tenang, karena yang kali ini akan kami bahas adalah makanan anak kos hemat tanpa kulkas.

Karena kami tahu, bahwasanya nggak semua kost kostan menyediakan kulkas. Iya kan? So, daripada penasaran, langsung saja simak beberapa daftar makanan anak kos hemat tanpa kulkas berikut ini. 

Makanan Anak Kos Hemat Tanpa Kulkas

Tidak bisa dipungkiri, bahwasanya kulkas memang mempunyai peranan yang sangat penting bagi anak kos. Karena dengannya anak kos bisa menghemat bahan bahan makanan, karena dapat menyimpannya ke dalam kulkas.

Namun yang menjadi permasalahannya adalah, jika harus membeli kulkas sendiri, rasanya tidak mungkin mengingat kondisi keuangan yang tipis, dan nggak semua kost kostan punya fasilitas kulkas. Dan untuk menghematnya, anda perlu menyediakan beberapa makanan anak kos hemat tanpa kulkas.

Sehingga aman ketika mendatangi atau memasuki akhir bulan. Berikut ini adalah makanan anak kos hemat tanpa kulkas yang bisa menyelamatkan anda di akhir bulan.

Mie instan

Makanan anak kos hemat tanpa kulkas yang satu ini merupakan makanan sejuta umat ya. Bahkan kalau kita perhatikan nih yang nyetok mie instan bukan cuma anak kost doang kok, tapi juga banyak orang orang di luaran sana, termasuk oleh mereka yang sudah berkeluarga.

Dan tahukah anda, bahwa ternyata mie instan ini ada di peringkat pertama persediaan makanan anak kos di akhir bulan. Pokoknya, mie instan adalah penyelamat di kalah tanggal tua deh. Maka, nggak heran jika nyaris di semua kost kostan ada saja mie instannya.

Bahkan kalau misalnya ada anak kos yang nggak nyetok mie instan, mungkin perlu dipertanyakan deh. Sesuai dengan namanya, mie instan ini adalah sebuah jenis makanan yang super instan, dan bisa dijadikan sebagai penyelamat ketika tanggal tua.

Yakni ketika uang sudah menipis, tapi kiriman masih lama. Karena merupakan makanan instan, maka anda cuma perlu menyajikannya dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan, cuma dalam waktu lima menitan doang anda sudah bisa menikmati makanan yang satu ini.

Meskipun instan, dan bisa disajikan dengan super kilat, namun siapa sangka jika ternyata makanan yang satu ini punya rasa yang sangat sangat lezat. Ditambah lagi dengan harganya yang super terjangkau. Dan buat menyajikannya, anda nggak perlu bahan ataupun alat alat memasak yang ribet.

Gimana, menarik banget kan? Hanya saja, kami sarankan anda buat tidak sering sering mengkonsumsi mie instan ya. Cukup di tanggal tua saja, itupun hanya beberapa kali saja. Jangan terlalu sering pokoknya.

Beras

Makanan anak kos hemat tanpa kulkas yang berikutnya adalah beras. Nggak semua anak kos mendapatkan karbohidrat mereka dari beras, namun tetap saja, mayoritasnya mendapatkan karbohidrat dari beras. Iya kan? Hal ini karena harga beras yang tergolong murah.

Dan biasanya, harga di tiap daerah tuh nggak terlalu berbeda. Jika anda adalah tipikal yang harus makan nasi, maka kami sarankan buat nyetok di kos kosan deh. Karena dengan punya beras, maka anda akan lebih aman. Karena nantinya tinggal beli lauk saya.

Baca Juga :  Ukuran Kertas F4

Kalau diperhatikan, hanya dengan modal beberapa ribu saja anda sudah bisa membeli sayuran dan lauk kok buat teman makan nasinya. Dan untuk proses pengolahan berasnya juga sangat sangat sederhana dan mudah.

Karena anda cuma perlu mencuci saja berasnya di air, kemudian tinggal tunggu sampai berasnya masak dan menjadi nasi. Selesai deh. Selain proses pengolahanya yang mudah, beras juga merupakan salah satu makanan yang ngenyangin loh.

Agar bisa mendapatkan harga beras yang lebih terjangkau, maka kami sarankan anda buat membeli atau menyetok beras berapa kilo untuk sebulan ya. Sesuaikan saja dengan porsi makan anda setiap harinya.

Telur

Pada umumnya, telur adalah pasangan atau teman dekatnya mie instan bagi anak kos. Bahkan, keduanya bisa dikatakan sepaket loh. Dan makanan satu ini harus banget menjadi bahan pertimbangan anak kos di luaran sana.

Jangan sampai melewatkannya. Karena memang, proses pengolahan telur juga nggak kalah mudahnya dengan proses pengolahan kedua makanan anak kos hemat tanpa kulkas di atas. Apalagi, anda bisa menyimpan telur di suhu ruang, sehingga nggak perlu atau nggak butuh kulkas deh.

Anda bisa mengolahnya menjadi beberapa menu yang berbeda setiap harinya. Misal, hari ini anda menyambal telur, kemudian  besoknya membuat telur dadar, lusa merebusnya, dan lain sebagainya. 

Dan menurut kami, daripada anda nyetok mie instan, mending nyetok telur saja sih. Karena selain praktis, bisa tahan di suhu ruang, pengolahannya mudah, harganya juga murah meriah, plus  kaya akan protein.

Bon Cabe dan sambal kemasan

Untuk anda yang suka makan makanan yang simpel, dan harus punya sambal ketika makan, tampaknya anda meski membeli dan nyetok makanan anak kos hemat tanpa kulkas yang satu ini. Karena bagaimanapun, sambal kemasan dan bon cabe bisa banget membuat selera makan anda menjadi meningkat.

Dan ini recomended deh buat anak kos yang suka kehabisan uang ketika akhir bulan, dan belum dapat kiriman. Kalau untuk harga sih memang agak lebih mahal ya. Namun, sekali beli, biasanya bisa anda gunakan untuk beberapa kali makan.

Untuk mendapatkan bon cabe ataupun sambal kemasan nya sendiri terbilang mudah. Apalagi untuk saat ini mulai banyak banget kok produsen sambal kemasan yang bertebaran di internet.

Anda bisa memanfaatkan marketplace ketika mau beli sambal kemasan, atau bisa juga dengan membelinya di beberapa supermarket yang ada di dekat kos kosan ya. Tenang saja, karena masa berlaku sambal kemasan masih terbilang lumayan lama kok.

Abon

Adapun makanan anak kos hemat tanpa kulkas yang lainnya adalah abon. Pernah denger abon kan? Yes, nyaris semua kita pasti sudah nggak asing lagi dengan makanan praktis yang satu ini. Namanya adalah abon. Makanan yang juga tergolong super lezat, dan bisa disimpan di suhu ruang.

So, kalau mau nyetok abon, itu artinya anda nggak perlu punya kulkas dulu. Abon adalah salah satu penyelamat anda ketika sedang lapar di akhir bulan. Untuk bertahan di tanggal tua, anda bisa memasak nasi, kemudian menyantapnya dengan abon.

Karena ia merupakan makanan yang sudah jadi, maka anda bisa menyantapnya langsung dengan nasi yang sudah matang. Bukankah ini sangat sangat menarik?

So, ketika sedang ke supermarket, nggak ada salahnya buat membeli abon ya. Atau, anda juga bisa kok membeli abon secara online. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

Kecap

Yang selanjutnya adalah kecap. Salah satu penambah selera makan yang biasanya selalu ada di kos kosan anak rantau. Sebagai anak rantau, anda pasti pernah menemukan makanan satu ini kan? Karena bagaimanapun, kecap mampu menyulap makanan yang awalnya biasa saja menjadi lebih luar biasa.

Dan untuk mengkonsumsinya anda nggak perlu deh repot repot mengolahnya lagi. Karena ia adalah makanan yang sudah siap santap.

Cemilan

Beberapa di antara anda mungkin ada yang kurang setuju dengan daftar makanan anak kos hemat tanpa kulkas yang satu ini kan? Tapi tenang saja, karena sebenarnya ini sangat recomended loh buat anda stok juga. Yang menjadi pr nya adalah mencari cemilan yang bisa menyelamatkan anda ketika tanggal tua.

Baca Juga :  Pemain Timnas Meksiko Piala Dunia 2023

Dalam hal ini, kami rekomendasikan anda buat membeli cemilan yang bisa disantap bersama dengan nasi, alias cemilan yang bisa dijadikan sebagai lauk.

Dan kabar baiknya, saat ini banyak banget kok cemilan cemilan model tersebut. Salah satunya adalah basreng. Anda tinggal cetak saja basreng buat akhir bulan. Dan kalau sudah masuk akhir bulan, anda bisa makan dengan basreng deh. Menarik banget kan?

Kerupuk

Makanan anak kos hemat tanpa kulkas lainnya adalah kerupuk. Tahu nggak sih, bahwa di dunia ini ada manusia yang nyaris nggak bisa makan tanpa kerupuk.

So, kalau anda termasuk salah satunya, anda meksi mulai nyetok kerupuk deh. Karena makanan ini juga bisa banget jadi penyelamat anda ketika tanggal tua datang. Dalam hal ini, anda bisa membeli kerupuk yang kiloan saja, biar harganya lebih terjangkau. 

Oke, itulah dia beberapa makanan anak kos hemat tanpa kulkas yang siap menemani anda di tanggal tua. Semoga membantu ya.