8 Cara Buat Avatar Menggunakan Aplikasi Lensa, Mudah Banget

Cara Buat Avatar Menggunakan Aplikasi Lensa – Saat sedang berselancar di internet beberapa hari belakangan ini, anda pasti sering menemukan ada foto maupun gambar yang terlihat seperti lukisan kan?

Yes, karena memang hal tersebut lagi ngetrend banget akhir akhir ini. Adapun nama dari foto atau gambar yang terlihat seperti lukisan tersebut adalah ‘avatar’. Saat menemukan gambar gambar demikian, beberapa di antara anda pasti ada yang bertanya tanya, bagaimana sih membuatnya?

Dengan tujuan agar bisa membuat avatar juga, sebagaimana orang orang di luaran sana. Kabar baiknya, proses pembuatannya cukup mudah kok, yakni dengan memanfaatkan aplikasi Lensa. Buat yang penasaran dan ingin mencoba langsung, bisa simak ulasan cara buat avatar menggunakan Aplikasi Lensa berikut ini ya. 

Tentang Aplikasi Lensa 

Jadi, sebelum kita masuk ke bagian tutorial cara buat avatar menggunakan aplikasi lensa, kita akan bahas dulu beberapa hal. Salah satunya adalah tentang aplikasi yang bakalan digunakan nantinya. Nah, aplikasi lensa sendiri, merupakan aplikasi yang bisa digunakan, baik itu di perangkat android ataupun di ios.

Sehingga ketika mau menggunakannya, maka anda meski mendownload aplikasinya terlebih dahulu lewat aplikasi penyedia aplikasi yang ada di sistem ponsel anda. Baik itu di google play store, ataupun di app store.

Karena merupakan aplikasi resmi, maka anda nggak perlu lagi yang namanya repot repot untuk mencari link download aplikasinya. Tinggal buka App store atau google play store, kemudian ketikkan nama aplikasi tersebut, download deh. Gampang banget kan?

Sayangnya, aplikasi ini adalah aplikasi berbayar, sehingga kalau mau menggunakannya, anda meski membayar terlebih dahulu. Namun tidak perlu khawatir, karena pihak aplikasi sudah menyediakan masa uji coba penggunaan gratis kok selama seminggu.

Tapi tetap sangat disayangkan, ketika anda mau mengekspor avatar yang sudah dibuat oleh AI nya, maka anda diharuskan buat membayar. Untuk harga aplikasinya sendiri lumayan mahal sih ya. Tapi, hal ini mungkin sebanding dengan keuntungan dan keunggulan yang bakalan anda dapatkan.

Apalagi nih, lensa AI mengklaim bahwasanya mereka nggak bakalan menyimpan hasil gambar yang sudah anda download ke dalam aplikasi tersebut.

Sehingga dijamin bakalan aman banget untuk privasi. Ketika selesai menggunakannya, maka anda akan mendapatkan pemberitahuan berupa tulisan ‘photos will be immediately deleted from our servers after the avatars are ready, yang artinya adalah fotonya akan langsung atau segera dihapus dari server mereka ketika avatarnya sudah selesai.

Gimana gimana menarik banget kan? Oh ya, aplikasi ini dilengkapi dengan iklan, dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, yakni 46.13 MB. Aplikasi ini baru saja diupdate pada awal bulan Desember kemarin, tepatnya di tanggal 4 Desember 2023.

Dan saat ini sudah ada lebih dari 10 juta orang yang mendownloadnya. Bayangkan saja, meskipun dibandrol dengan harga super mahal, mereka bahkan berhasil mendapatkan 10 jutaan pengguna loh. Adapun penggunaan aplikasinya, paling tidak ialah android 8.0, dan kalau bisa di atas itu.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Prisma Labs, Inc. Dan sudah rilis sejak tahun 2019, tepatnya di awal bulan Oktober. 

Keunggulan Aplikasi

Dengan harganya yang cukup fantastis, pasti nggak sedikit yang penasaran dengan kecanggihan yang ditawarkan oleh aplikasi kan? Maka dari itu, sebelum kita membahas cara buat avatar menggunakan aplikasi lensa, kayaknya bakalan lebih afdhal kalau kita bahasin keunggulannya.

Biar membuat anda makin yakin menggunakan aplikasi mahal satu ini. Berikut ini merupakan beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh pihak developer: 

Intensitas Warna yang Sangat Baik

Keunggulan pertama ialah dari segi fitur intensitas warnanya. Yang mana, ketika hasil gambar yang anda ambil pencahayaannya kurang, maka aplikasi ini bisa banget memberikan cahaya yang akan membuat gambar tersebut lebih berwarna dan menarik.

So, jika ada beberapa foto anda yang kebetulan warnanya agak jelek, alias pencahayannya sangat sangat buruk, cobalah perbaiki dengan menggunakan aplikasi satu ini. Biar nantinya bisa di upload atau diunggah ke media sosial yang anda punya.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Instagram Story Tidak Bisa Dibuka

Menyediakan Efek Kamera Vintage

Dewasa ini, nggak sedikit masyarakat kita yang berusaha mencari cari aplikasi yang menawarkan efek kamera vintage kan? Karena tidak dapat dipungkiri, bahwasanya gambar yang menggunakan efek kamera vintage memang keren banget. Karena membuat foto terkesan lebih estetik.

Nah buat anda yang merupakan anak kekinian, alias anak yang suka dengan efek tersebut, tampaknya harus mencoba aplikasi ini deh. Biar semua hasil foto anda sesuai dengan keinginan, dan bisa diupload dengan senang hati. 

Fitur Editing Lengkap

Selain bisa anda gunakan untuk membuat avatar, aplikasi yang satu ini juga hadir dengan segudang fitur editingnya yang menarik.

Sehingga, anda nggak perlu lagi mendownload aplikasi yang lain saat akan mengedit mengedit foto atau gambar sebelum akhirnya dibagikan ke media sosial. Itu artinya, hanya dengan satu aplikasi saja, anda bisa mendapatkan banyak manfaat, ya bisa untuk membuat avatar, ya bisa juga bisa ngedit ngedit yang lainnya.

Banyak Pilihan Saturasi

Dalam sebuah foto atau gambar, pengaturan saturasi gambar menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan loh. Dan siapa sangka jika ternyata aplikasi ini juga memperhatikan hal tersebut, sehingga menghadirkan pula berbagai macam pilihan saturasi yang bisa digunakan oleh semua penggunanya. 

Bisa Mempertajam Foto

Nah keunggulan yang nggak kalah menarik lainnya adalah kemampuannya untuk mempertajam foto atau gambar. Ini membantu banget sih ketika ada foto foto anda yang buram. Cukup gunakan saja aplikasi satu ini, maka anda sudah bisa memperbaikinya dengan sangat mudah dan cepat. 

Cara Buat Avatar menggunakan Aplikasi Lensa

Oke, setelah membahas beberapa hal yang berkaitan dengan aplikasi, sekarang waktunya kita membahas gimana sih cara buat avatar menggunakan Aplikasi Lensa itu sendiri?

Tentu saja, dalam proses pembuatannya, anda meski mengetahui cara menggunakan aplikasinya terlebih dahulu. Dalam artian, memahami setiap fitur fitur yang ditawarkan oleh pihak aplikasi.

Tapi tetap tenang saja, karena proses atau cara buat avatar menggunakan aplikasi lensa masih tergolong sangat mudah, karena memang pihak developer mengkonsep aplikasi mereka dengan sederhana, jadi mudah digunakan. Berikut ini merupakan cara buat avatar menggunakan aplikasi lensa yang bisa anda praktekkan. 

Download Aplikasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan pada cara buat avatar menggunakan aplikasi lensa ialah dengan mendownload aplikasinya.

Dalam hal ini, silahkan download saja aplikasi tersebut lewat app store ataupun google play store. Tunggu proses downloadnya sampai selesai. Kalau sudah, ikuti cara buat avatar menggunakan aplikasi lensa yang berikutnya. 

Buka Aplikasi

Jika sudah selesai mendownload aplikasi, dan aplikasinya sudah terpasang pada perangkat, berikutnya tinggal cari aplikasi tersebut pada perangkat, dan buka. 

Klik tab Photos.

Begitu membuka aplikasi, maka anda akan ada di bagian beranda aplikasi ya. Lanjutkan cara buat avatar menggunakan aplikasi lensa yang berikutnya dengan mengklik tab photos. Yang mana, anda bisa menemukan tab photos tersebut di menu beranda kok.

Dengan demikian, maka anda bakalan menemukan ada tombol magic avatars. Dan klik pada tombol tersebut. Kemudian, aplikasinya bakalan memberikan peringatan ya. Dalam artian, ketidakakuratan pada gambar, entah itu nantinya ada cacat ataupun terlihat seperti artefak. 

Setujui Persyaratan

Ketika mendapati pemberitahuan yang demikian, maka cara buat avatar menggunakan aplikasi lensa yang berikutnya perlu anda lakukan adalah dengan menyetujui pemberitahuan atau syarat tersebut. Dan biasanya, memang ada beberapa bagian yang hasilnya kurang akurat, kayak di bagian kepalanya, mata, atau yang lainnya.

Klik Lanjutkan atau Continue

Untuk cara buat avatar menggunakan aplikasi lensa yang lainnya adalah dengan mengklik di tombo; continue. Dengan demikian, maka pihak aplikasi bakalan meminta anda buat memasukkan 10 sampai dengan 20 an selfie yang anda punya.

Pada umumnya, pihak aplikasinya memberikan rekomendasi kepada anda untuk mengunggah foto yang close up ya, kemudian banyak ekspresi yang digunakan, dan yang nggak kalah pentingnya adalah foto orang dewasa.

Selain itu, pihak aplikasinya juga menyarankan anda buat nggak menggunakan foto yang ramai ramai, karena mungkin akan berpengaruh terhadap hasil avatar nantinya, kemudian menghindari juga untuk menggunakan gambar anak anak, foto telanjang, dan juga wajah yang ditutup. 

Pilih Jenis Kelamin

Kalau semua foto selfie anda sudah aman, alias sudah sesuai dengan yang dibutuhkan, maka anda bakalan diminta oleh mereka buat memilih jenis kelamin anda. Tinggal pilih saja, alias sesuaikan dengan jenis kelamin masing masing. 

Baca Juga :  Cara Mengatasi Masalah Tidak Bisa Live Instagram

Tunggu Prosesnya selama 20 Menit an

Adapun cara buat avatar menggunakan aplikasi lensa yang berikutnya adalah dengan menunggu prosesnya. Dan sangat disayangkan, bahwa ternyata proses pembuatan avatar di sini agak lama, karena bisa saja memakan waktu hingga 20 menitan.

Lumayan banget kan? Dan kalau misalnya sudah selesai, pihak aplikasi bakalan memberikan notifikasi kok, kalau avatarnya sudah siap buat disimpan, dan mereka akan segera menghapusnya dari server yang digunakan.

Nikmati Hasilnya

Jika sudah ada hasil avatarnya, maka anda bisa dengan leluasa melihat hasilnya. Adapun hasil yang ditawarkan oleh pihak aplikasi sangat sangat beragam, karena ada beberapa gaya yang berbeda.

Kayak ada yang fantasi, kemudian fokus, pop, anime, stylish, pop, light, dan yang lainnya. Bahkan yang menariknya, ada yang gaya komik juga loh. 

Oke gimana cara buat avatar menggunakan aplikasi lensa, mudah banget kan? Maka dari itu, nggak ada salahnya buat menggunakan aplikasi ini. Namun saran kami, cobalah baca review review ataupun ulasan dari para pengguna sebelumnya.

Biar anda mempunyai gambaran tentang aplikasi ni. Demikian cara buat avatar menggunakan aplikasi lensa kali ini, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba ya.