10 Rekomendasi Game Edukasi Terbaik

10 Rekomendasi game edukasi terbaik – Untuk saat ini, bermain game sudah nggak bisa lagi dikatakan sebagai kegiatan yang hanya menghabis-habiskan waktu dan uang.

Pasalnya, sudah banyak kok game-game edukasi yang memberikan banyak manfaat kepada para gamersnya. Ia kan? Jadi, sudah nggak jamannya lagi buat main game, cuma sekedar mengisi waktu kosong atau waktu luang.

Tapi, setiap orang tetap harus pandai-pandai dalam memilih game yang bakalan dimainkan loh ya. Kalau sampai salah pilih, atau asal-asalan, ya sama saja.

Yang ada, waktu anda terbuang sia-sia, dan nggak dapat apa-apa. Nah buat yang lagi nyari game edukasi terbaik, mungkin bisa menjadikan 10 rekomendasi game edukasi terbaik berikut deh.

Karena meskipun sifat gamenya edukasi, anda tetap bisa ngerasain sensasi main game dan serunya kok. Penasaran? Langsung simak saja aplikasi aplikasi kerennya berikut. 

Game edukasi terbaik

Berikut ini merupakan 10 rekomendasi game edukasi terbaik yang patut untuk anda pertimbangkan. Karena, kapanlagi kan bisa main game, sekalian belajar? Dan dapat pengetahuan tambahan. 

Peak -Brain Training

Dari kata braind trainingnya aja, udah jelas banget loh, kalau game satu ini adalah game edukasi yang membuat kita tambah pinter. Game satu ini pas banget buat anda yang ingin mengasah kemampuan otak.

Tenang saja, anda nggak bakalan disuguhkan dengan banyak pelajaran yang susah lagi rumit kok. Melainkan bakalan diajak bermain game. Yang mana, anda dapat memilih jenis game yang sesuai keinginan.

Oh ya, ada 30 an jenis game yang terdapat di dalam aplikasi. Dan setiap pemain, bisa memilih game manapun deh. Dan, ada banyak kategori game yang bisa dipilih.

Mulai dari konsentrasi, kemudian bahasa, dan lain sebagainya. Gimana, udah ngerasa tertarik? Selain itu, game game yang ditawarkan juga mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda loh.

Baca Juga :  10 Aplikasi Desain Grafis PC Terbaik untuk Pemula

Sehingga tetap recommended kalau mau digunakan oleh anak-anak. Karena tinggal pilih saja tingkat kesulitan yang terendah.

Kalau sudah ngerasa pas, dan mahir, baru mulai ditingkatkan lagi level kesulitannya menjadi yang lebih tinggi. 

Kids Preschool Puzzles

Adapun aplikasi game edukasi terbaik yang kedua ada game kids preschool puzzles. Untuk yang suka dengan game puzzle, bisa nih nyobain keseruan game edukasi yang satu ini.

Dan untuk saat ini, sudah banyak sekali orang orang yang mendownload dan memainkan game ini loh. Menariknya lagi, game yang satu ini punya tampilan menarik, sehingga nggak membosankan.

Bukan hanya itu saja, aplikasi game satu ini juga bahkan mudah dimainkan, dimengerti, karena kesederhanaan tampilannya.

Layaknya game puzzle pada umumnya, di game ini para gamers akan diminta untuk menyusun atau mengisi potongan puzzle yang sudah dipisah pisah, ke bagian yang memang cocok.

Untuk puzzle yang meski diisi, bisa anda pilih sendiri. Apakah akan menyelesaikan bagian yang berbentuk makanan atau hewan. Wah, keren banget kan?

Kalau sudah selesai mengisi bagian bagian yang pas, maka anda dapat melihat gambar apa yang telah diselesaikan. 

Cooking mama let’s cook!

Cooking mama, let’s cook, kalau kita artikan ke dalam bahasa indonesia, berarti memasak mama, ayo kita memasak. Ya, itu artinya, game edukasi terbaik yang satu ini merupakan game masak-masak.

Yang pas banget untuk yang ingin belajar memasak. Game keren ini cukup menantang kalau diberikan kepada anak anda yang masih kecil.

Karena pada dasarnya, memang terdapat beberapa tantangan yang meski diselesaikan dan dirasakan oleh sang koki. Yakni, sang koki meski menyelesaikan masakannya sebelum waktu yang telah ditentukan habis.

Dengan demikian, anak akan belajar konsentrasi penuh, dan menyelesaikan tugasnya sesuai dengan waktu yang ada. 

Toca block

Game edukasi terbaik yang berikutnya adalah game toca blocks nih. Pernah mendengar nama game ini?

Mungkin, sudah ada beberapa yang pernah dengar, tapi mungkin, juga ada yang belum pernah mendengarnya. Jadi, game toca blocks ini adalah game yang sama seperti game minecraft.

Baca Juga :  10 Aplikasi Penguat Sinyal untuk HP Android Terbaik 

Konsepnya adalah sandbox, yang mengharuskan para pemainnya buat membuat dunianya sendiri. Tampilan desain grafisnya tergolong sederhana, tapi tetap menarik buat siapapun.

Adapun tujuannya adalah melatih kemampuan anak agar bisa berkreasi semaksimal mungkin. Karena mereka diminta buat mengeksplor seluruh perlengkapan yang tersedia agar menjadi benda sesuai imajinasinya. 

Animasi puzzle for kids

Game edukasi yang satu ini ditujukan buat anak-anak ya. Dan sistem yang ditawarkan tentu nggak berbeda jauh dengan game puzzle pada umumnya.

Anak anak akan diminta mengisi potongan potongan gambar yang tersedia, kemudian menggabungkannya, agar menjadi sebuah bentuk yang utuh dan benar.

Desain grafis aplikasinya sudah sangat bagus dan mudah digunakan. Kabar baiknya lagi, di aplikasi ini juga disediakan sound serta fitur animasi, yang bakalan membuat anak makin betah main gamenya. 

Fun with animals matching game

Game fun animals matching ini dikembangkan oleh educational software games. Yang mana, mereka menawarkan sebuah game dengan konsep matching, atau mencocokkan.

Nantinya, sang anak bakalan diminta buat mencari gambar hewan, yang jenisnya sama.

Nah, yang paling menarik dari game ini adalah, sebelum permainannya dimulai, maka anda dapat menentukan konfigurasi tentang pengaturan jalannya permainan loh.

Yaitu memilih level sesuai dengan kemampuan anak. Pilihan level yang ditawarkan sama seperti level level pada game lain. Yakni, dari yang termudah, sampai ke yang tersulit.

Tantangannya ialah, meski dapat mencocokkan sesuai dengan durasi waktu yang ada, yakni 90 detik. Hal ini bertujuan supaya anak konsentrasi, dan berusaha menyelesaikan tugas semaksimal mungkin.

Marbel belajar huruf alfabet

Game edukasi terbaik yang selanjutnya adalah game marbel belajar huruf alfabet. Game yang satu ini sangat cocok untuk anak anak yang bakalan masuk TK ya.

Karena memang, anak anak usia TK akan jauh lebih baik kalau dibekali dengan pembelajaran alfabet terlebih dahulu. Lewat game satu ini, anda bisa mengajarkan alfabet kepada anak dengan sangat mudah dan menyenangkan tentunya.

Mulai dari a hingga z. Desain grafis aplikasinya menarik, dan sangat cocok untuk usia anak menjelang masuk TK. Yakni dari usia 2 sampai dengan 6 tahun.

Baca Juga :  22 Aplikasi Pembuat Logo Terbaik Untuk HP dan PC

Art of glow

Namanya terkesan berbeda dengan nama game edukasi anak terbaik lainnya. Meskipun demikian, aplikasi game edukasi yang satu ini tetap sangat baik kok buat dicoba.

Yang mana, anak anak akan diminta untuk berkarya sebisanya dengan memakai lampu neon berwarna warni. Hal ini supaya membentuk sebuah seni cahaya yang diinginkan oleh anak.

Yang menariknya lagi, sang anak dapat mengatur pengaturan sesuai yang mereka sukai. Itu artinya anak anak memang dituntut untuk berkarya sesuka mereka.

Mulai dari pemilihan warna, sampai dengan pemilihan bentuk. Dan yang paling menarik dari aplikasi game edukasi terbaik satu ini adalah memungkinkan anda untuk merekam aktivitas anak selama bermain game.

Wah, menarik sekali bukan? Dengan bantuan game seperti ini, anak akan dilatih berkreasi sesuai dengan yang ada di dalam imajinasinya. 

Fishing for kids

Untuk game edukasi yang lainnya adalah game fishing for kids. Game ini mempunyai tampilan yang sangat menarik, dan membuat anak betah belajar sambil bermain game di dalamnya.

Selain itu, controller pada game juga tergolong sangat mudah digunakan. Sehingga membuat anak bisa memancing, dan mendapatkan ikan dengan cukup mudah.

Tujuan dari game ini adalah supaya konsentrasi anak meningkat, dan membuatnya menjadi pribadi yang tekun ketika mencari, ataupun menunggu ikannya datang.

Yang jelas, game satu ini benar-benar menyenangkan sekali. Terlebih lagi untuk anak-anak yang masih di usia SD. 

ATM learning simulator

Adapun aplikasi game edukasi terbaik yang terakhir adalah game ATM Learning simulator. Game yang satu ini juga pas kok kalau anda berikan kepada anak.

Karena mereka akan belajar gimana sih caranya menggunakan mesin ATM. Mulai dari mengambil uang, dan yang lainnya. Tentu saja, hal tersebut menjadi cukup penting ya.

Karena ketika remaja atau dewasa nanti, mereka pasti akan menggunakan mesin ATM dalam banyak hal. 

Itulah dia 10 rekomendasi aplikasi game edukasi terbaik yang dapat anda berikan kepada anak.

Karena basisnya adalah online, maka jangan lupa untuk selalu mendampingi anak selama mereka bermain game ya. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.