10 Rekomendasi Aplikasi untuk Penulis di Android yang Harus Anda Coba

10 Rekomendasi Aplikasi untuk Penulis di Android yang Harus Anda Coba – Bagi seorang penulis yang memiliki jam kerja cukup tinggi, anda pasti sudah sangat akrab dengan laptop kan?

Atau bahkan, menjadikan laptop sebagai sahabat setia yang senantiasa menemani anda kemanapun dan kapanpun.

Hal ini karena memang, laptop adalah sebuah alat yang menunjang berbagai kegiatan menulis yang anda lakukan sehari-hari.

Nah menariknya, kalau di zaman yang sekarang ini, kegiatan tulis menulis nggak cuma bisa dilakukan lewat laptop loh. Tapi juga bisa banget dilakukan lewat ponsel yang ada di genggaman.

Karena memang sudah banyak bertebaran aplikasi untuk penulis terbaik yang bisa anda coba. Buat yang belum pernah tahu aplikasinya, mungkin wajib sih simak penjelasan kali ini sampai selesai.

Siapa tahu berminat menggunakannya kan? Apalagi nih, model aplikasi satu ini tergolong ngebantu banget, dan bisa mempermudah kegiatan anda.

Sehingga nggak perlu lagi repot repot buat membawa laptop kemanapun anda pergi. Oke, daripada penasaran, langsung simak saja beberapa rekomendasinya berikut ini. 

Aplikasi untuk penulis terbaik

Dengan adanya aplikasi untuk penulis terbaik ini, kegiatan menulis anda akan merasa sangat terbantu loh. Karena gadget kan termasuk benda yang hampir dibawa kemana-mana oleh semua orang kan?

JotterPad

Rekomendasi pertama adalah jotterpad. Ada yang pernah kenal dan dengar nama jotterpad?

Bagi yang belum bisa simak ulasannya ya. Jadi, jotterpad ini merupakan salah satu aplikasi menulis terbaik yang dapat didownload lewat aplikasi google play store.

Anda bisa mendownloadnya dengan sangat mudah kok. Di dalamnya, sudah tersedia banyak fitur menarik, dan bisa anda gunakan sesuka hati.

Misalnya, kayak fitur free instruction, kemudian ada juga quick preview, dan ada screenwriter pro, dan segudang fitur menarik yang lainnya.

Bahkan yang nggak kalah menariknya lagi adalah, aplikasi ini memungkinkan anda buat mengcustom tampilan aplikasinya sesuai kebutuhan dan keinginan loh.

Aplikasi ini pada umumnya sangat cocok untuk anda yang notabenenya adalah seorang penulis novel.

Dan nantinya, hasil pekerjaan bisa langsung diekspor ke dalam bentuk dokumen ataupun pdf. Bebas. Dan bagi yang ingin ngetik pake keyboard bluetooth, juga bisa loh. Keren sekali bukan?

Writer Plus

Aplikasi untuk penulis terbaik yang berikutnya adalah writer plus. Ia merupakan salah satu aplikasi terbaik yang juga patut untuk dipertimbangkan keberadaannya.

Anda bisa menggunakan writer plus ketika akan menulis novel ataupun menulis yang lainnya. Di mana, juga tersedia berbagai macam jenis fitur menarik yang bisa diandalkan.

Dan nantinya, anda bisa menyimpan hasil kerja ke folder yang tersedia. Kemudian, di dalam aplikasi juga tersedia character count, word, redo, atau yang lainnya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi WhatsApp Nggak Bisa Masuk

Buat yang suka menggunakan aplikasi dengan mode malam, bisa banget gunakan aplikasi ini. Karena sudah ada night modenya yang bisa digunakan oleh setiap pengguna aplikasi.

Biasanya, aplikasi aplikasi yang tersebar di internet hanya menyediakan dua bahasa kan? Yakni, bahasa inggris dengan indonesia. Namun, berbeda halnya dengan writer plus.

Yang mana, anda bisa menggunakan berbagai macam bahasa yang ada. Mulai Dari jerman, kemudian italia, prancis, dan bahasa yang lainnya. Keren sih ini.

Sebagaimana aplikasi sebelumnya, writer plus juga memungkinkan anda buat menggunakan keyboard bluetooth kok.

Kalau memang dibutuhkan. Pasalnya, menulis lewat keyboard bluetooth memang jauh lebih enakkan, daripada menulis lewat keyboard ponsel yang ukurannya sudah pasti lebih kecil. 

Wattpad

Dewasa ini, siapa sih yang nggak kenal wattpad? Pasti sudah pada kenalkan? Karena di aplikasi ini, tersedia berbagai macam jenis tulisan yang bisa dibaca.

Nah, selain bisa dijadikan sebagai aplikasi membaca novel terbaik, anda juga bisa loh menjadikan aplikasi wattpad sebagai tempat menulis, kemudian mengupload karya anda ke dalamnya.

Kalau sekiranya banyak yang tertarik dengan tulisan tulisan yang anda unggah, maka akan banyak peluang dan kesempatan emas yang bisa anda peroleh.

Kayak, bisa dijadikan sebagai ladang keuangan kedua, bisa menerbitkan buku secara gratis, terkenal, dan lain sebagainya. Lihat saja sekarang, ada banyak sekali kan orang orang yang terkenal berkat wattpad?

Jika ingin mengikuti jejak orang orang tersebut, maka silahkan manfaatkan aplikasi untuk penulis terbaik yang satu ini. Adapun bahan bacaan yang terdapat di dalamnya terdiri dari berbagai genre.

Mulai dari comedy, romance, religi, dan yang lainnya. Gimana, sudah penasaran dengan wattpad? Skuy, langsung download sekarang saja. 

Novelist

Dari namanya, kita pasti sudah menebak, pasti aplikasi untuk penulis terbaik yang satu ini berhubungan dengan novel kan? Ya, ia merupakan sebuah aplikasi yang dokonsep atau didesain untuk penulis novel.

Khusus untuk anda yang seorang penulis novel ya. Karena di dalamnya, tersedia banyak sekali tools atau alat yang menunjang proses menulis novel anda. Salah satunya adalah memungkinkan anda buat mengatur dl loh.

Kemudian, ada juga fitur untuk membuat template buku, autosave, dan yang lainnya. Hal paling menarik dari aplikasi novelist ialah, anda bisa memanfaatkan pratinjau buku, tanpa harus menutup aplikasinya terlebih dahulu.

Wah, bagus kan? Selain itu, aplikasi ini juga didukung dengan berbagai macam ekstensi.

Mulai dari HTML, kemudian RTF, sampai dengan EPUB. Kalau penasaran dengan novelist, bisa langsung download aplikasinya sekarang juga. 

Pure Writer

Untuk aplikasi lainnya ialah pure writer. Ia juga termasuk ke dalam salah satu aplikasi yang sangat recomended buat digunakan. Dan kini, sudah banyak sekali orang orang yang menggunakannya.

Baca Juga :  Cara Download Google Book

Aplikasi ini bisa digunakan oleh para penulis artikel, karena di dalamnya sudah ada fitur yang secara otomatis bakalan menyimpan hasil tulisan anda.

Selain itu, ada juga fitur fingerprint unlock nya loh. Ketika menggunakan pure writer, maka anda nggak perlu lagi takut buat kehilangan hasil tulisan anda. 

Kalau punya trauma tulisannya raib tiba tiba sih, wajib nyobain aplikasi keren ini ya.

Writer Tools

Writer tools, atau alat menulis adalah aplikasi yang dikonsep untuk para penulis. Di dalam aplikasi, ada yang namanya fitur timer. Yakni, sebuah fitur untuk mengatur waktu yang tengah berjalan 25 menitan untuk menulis.

Yang mana, saat waktu 25 nya selesai, maka anda diminta untuk berhenti, dan beristirahat sejenak. Tentu, aplikasi modelan seperti ini sangat pas untuk anda yang mungkin suka bekerja sampai lupa waktu.

Padahal, hal tersebut merupakan sesuatu yang kurang baik, dan harus dihindari kan? Maka dari itu, cobain deh menggunakan aplikasi untuk penulis terbaik yang satu ini.

Karena selain baik terhadap mata anda, ia juga baik terhadap kesehatan anda loh. Sehingga membuat anda bakalan lebih produktif dalam menulis.

Nah, selain menawarkan fitur timer, di dalamnya juga sudah fitur lain yang nggak kalah kerennya. Yaitu, fitur writing progress.

Dengan fitur writing progress, anda bisa memantau atau melihat hasil kerja anda secara berkala, lewat tab writing loh.

Dengan demikian, anda bisa dengan mudah mengetahui, sudah seberapa banyak jumlah kata yang anda hasilkan.

Writer tools juga memungkinkan buat digunakan ketika anda pengen tahu statik yang digunakan untuk menulis loh. Yang jelas, masih ada segudang fitur menarik lainnya yang patut untuk anda akses. Karena memang sekeren itu.

Writing Space

Aplikasi untuk penulis terbaik yang lainnya adalah writing space. Ia merupakan salah satu aplikasi yang juga sangat recomended digunakan, dan sudah banyak dipilih oleh para penulis.

Karena aplikasi bakalan membantu anda yang ingin mengerjakan tugas tulisan tangan dengan super mudah dan cepat loh. Di dalamnya, anda bakalan menemukan fitur menarik.

Yang siap membuat anda menjadi lebih produktif setiap harinya. Nah, salah satu mode terbaik dari aplikasi ini adalah mode distraction freenya, yang siap membantu anda biar tetap fokus ketika menyelesaikan satu persatu tugas yang ada. Kemudian, ada juga fitur keren lainnya, kayak formatting. Yang memungkinkan anda buat ngedit file sesuai kebutuhan.

Kayak mengganti warna huruf atau tulisan, kemudian mengganti ukurannya, atau yang lainnya.

Writing space mempunyai ukuran yang nggak begitu besar kok. Jadi, bisa banget digunakan oleh perangkat yang memiliki ruang penyimpanan terbatas. 

Baca Juga :  Download WhatsApp Plus APK

Writer

Beberapa di antara anda mungkin sudah ada yang nggak asing lagi dengan aplikasi writer ya. Yang mana, ia merupakan aplikasi yang cukup populer di berbagai kalangan, yang dikembangkan oleh pihak asec.

Sebagaimana aplikasi aplikasi sbeelumnya, pihak pengembang aplikasi juga sudah menyediakan berbagai macam fitur yang menarik, yang akan menunjang kegiatan menulis anda setiap harinya.

Menariknya lagi, hasil pekerjaan atau hasil tulisan anda nantinya bisa disimpan dengan ekstensi pdf.

Hanya saja, ketika melakukan ekspor file, maka ekstensinya hanya bisa html dengan txt saja ya. Nah, tampilannya aplikasinya super keren dan simpel. Sehingga dijamin bisa membuat anda merasa nyaman selama menulis.

My Story Today

Aplikasi my story today, bisa anda download dengan sangat mudah lewat aplikasi google play store ya. Dan ia bakalan ngebantu siapapun yang ingin menulis novel dengan mudah hanya lewat ponsel saja.

Lewat aplikasi ini, anda bisa dengan mudah menambahkan karakter yang dibutuhkan, dan melakukan setting tempat pada cerita tersebut. Atau, bisa juga loh mengintegrasikannya dengan rich text editor yang ada.

Sehingga, nggak perlu lagi repot-repot buat nambahin karakter ataupun tempat. Hal ini karena sudah dijadikan link oleh rich text tadi. Wah, menarik sekali bukan?

Dengan demikian, maka anda bisa menghemat waktu yang ada, dan bisa mengerjakan hal lainnya.

Jika ingin mengeditnya lagi di aplikasi lain, maka anda dapat menyimpan atau mengekspor hasil tulisannya dengan menggunakan ekstensi doc loh. 

Kalau misalnya penasaran, dan ingin langsung mencoba aplikasi ini, bisa download langsung lewat aplikasi google play store ya.

Evernote

Adapun rekomendasi aplikasi untuk penulis terbaik yang terakhir adalah evernote. Kalau diperhatikan, aplikasi ini nggak kalah bagusnya kok dengan aplikasi aplikasi sebelumnya.

Ia merupakan aplikasi yang kembangkan oleh pihak evernote corporation. Di dalamnya, juga dibekali dengan banyak fitur yang menarik.

Bahkan, lewat aplikasi evernote, anda nggak cuma bisa menulis saja, tapi juga bisa membuat teks, audio, sampai dengan kliping web. Wah, menarik kan?

Aplikasi satu ini juga memungkinkan para penggunanya buat memakai kamera ponselnya ketika akan menyimpan hasil scan, kemudian memberikan komentar ke potongan kertas.

Kayaknya tulisan tangan pada umumnya deh. Selain itu, anda juga bisa dengan mudah berdiskusi terkait dengan pekerjaan anda yang sudah dibuat di dalamnya.

Gimana, bukankah hal tersebut sangat keren, dan memudahkan pekerjaan anda? 

Oke, mungkin itu dulu 10 rekomendasi aplikasi untuk penulis terbaik yang bisa anda coba. Bagi anda yang penasaran dengan masing masing aplikasi, mungkin bisa membaca ulasan dari para pengguna sebelumnya lewat aplikasi google play store.

Karena ini bakalan ngebantu banget loh. Demikian dari kami, semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan semoga membantu ya.