10 Rekomendasi Aplikasi Transkrip Audio Terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi Transkrip Audio Terbaik – Dalam beberapa kesempatan, anda mungkin memiliki beberapa file audio yang isinya adalah dialog narasumber. Ia kan? Dan harus mengolahnya menjadi teks. Nah selama ini mungkin masih banyak yang mentranskipnya secara manual.

Padahal sebenarnya, ada cara yang jauh lebih mudah dan sederhana kok. Sehingga nggak perlu lagi repot repot nyatatnya secara manual. Belum lagi ketika ada bagian yang kurang jelas. Oke, kira kira gimana caranya? Jadi, ada yang namanya aplikasi transkrip audio terbaik.

Yang mana, anda dapat memanfaatkan aplikasi model ini untuk membantu anda mengganti atau mengubah file audio menjadi teks. Menarik kan? Daripada penasaran, mending langsung simak saja beberapa rekomendasinya berikut ini. 

Aplikasi transkrip audio terbaik

Untuk saat ini, jumlah aplikasi model ini sudah sangat banyak. Inilah yang kadang kadang membuat beberapa orang merasa kesulitan dalam memilih. Dan kali ini anda nggak perlu lagi merasa kesulitan. Karena pilihannya sudah dipersempit atau diperkecil. 

Windows speech recognition

Rekomendasi aplikasi transkrip audio terbaik yang pertama adalah aplikasi windows speech recognition.  Dengan bantuan windows speech recognition, anda nggak perlu lagi deh repot repot buat mencatat audio menjadi teks. Nah, tahu nggak sih bahwa sebenarnya aplikasi ini merupakan aplikasi yang sudah disediakan oleh pihak windows.

Untuk awalnya, ia cuma bisa dijumpai pada sistem operasi windows vista. Tapi lama kelamaan mulai meluas, sampai ke windows 7, sampai dengan 10.  Itu artinya, ketika anda menggunakan sistem operasi tersebut, nggak perlu lagi mendownload aplikasinya.

Karena sudah menjadi fitur bawaan. Bagi yang menggunakan windows 10, maka yang perlu anda lakukah hanya sebatas klik saja shortcut windows + ctrl + s. Mudah sekali bukan? Setelh menekan tombol tersebut, maka akan terlihat jendela perkenalan.

Yang mana, dari jendela inilah anda bisa mengaturnya. Mulai dari mengatur sumber mic yang akan digunakan, kemudian pengetesan suara, dan yang lainnya. Yang jelas, dengan aplikasi ini anda dapat dengan bebas memberikan banyak perintah cuma lewat suara.

Termasuk menyeleksi file, dan yang lainnya. Tapi yang nggak kalah menariknya lagi, ia punya kemampuan untuk menyulap audio atau suara anda menjadi teks. Ada banyak sekali keunggulan yang dimilikinya. Salah satunya adalah dapat anda gunakan meski sedang offline.

Amazon transcribe

Untuk saat ini tampaknya hampir semua orang kenal dengan amazon kan? Yang notabenenya merupakan sebuah perusahaan perusahaan. Namun, masih belum banyak yang tahu, kalau ternyata aplikasi juga punya aplikasi untuk transkrip audio menjadi teks lho.

Wajar sih, kalau kemudian cukup banyak podcaster atau youtuber yang memanfaatkan aplikasi ini. Karena dengannya, anda akan sangat terbantu menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang ada. Dengan demikian, waktu yang dibutuhkan juga menjadi lebih singkat kan?

Aplikasi transkrip audio terbaik satu ini dibuat dengan basis awan atau cloud. Yang mana memunginkan anda buat nambanin tanda baca yang tepat, kemudian menyelipkan timestamp, dan yang lainnya deh. Sesuai dengan kebutuhan konten. 

Bahkan yang paling menariknya lagi, aplikasi ini juga bisa bante digunakan untuk kebutuhan medis. Dalam artian, melakukan diktasi percakapan dokter dengan pasiennya. Aplikasi ini juga mempunyai kemampuan untuk mengenali beberapa pembicaraan sekaligus.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Anti Malware Terbaik untuk PC 2021

Ah, keren banget sih. Lagipula, produk keluaran amazon memang nggak pernah ada yang ngecewain kan? Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Tapi kabar baiknya, pihak aplikasi memberikan kesempatan penggunaan secara gratis dengan durasi yang cukup panjang.

Yakni selama setahun. Tapi, hanya 60 menit saja tiap bulannya. Lumayan kan? Kalau masa trial uji coba gratisannya habis, maka langsung gunakan saja yang berbayar. Alias mulai berlangganan. Nggak usah khawatir, karena harga yang ditawarkan masih tergolong sangat terjangkau kok.

Dragon speech recognition solutions

Adapun rekomendasi aplikasi yang berikutnya adalah aplikasi dragon speech recognition solutions. Aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi terbaik yang patut dipertimbangkan. Karena ada banyak sekali fitur menarik yang bisa anda gunakan.

Aplikasi nggak cuma bisa digunakan lewat komputer atau laptop loh. Tapi juga bisa banget digunakan lewat android dan juga ios. Menarik sekali bukan? Saat ini sudah banyak sekali orang orang yang menggunakannya. Terlebih lagi oleh mereka yang membutuhkan alat untuk menerjemahkan audio menjadi teks dengan cepat dan akurat. 

Hal paling menarik dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengoptimasi suara supaya tetap diubah ke teks.  Jika anda akan menggunakan yang versi android, maka silahkan gunakan aplikasi yang namanya dragon anywhere. Basis aplikasinya adalah awan.

Sehingga mengharuskan anda buat selalu online ketika akan menggunakannya. Saat menggunakan aplikasi ini, itu artinya anda bisa dengan bebas menggunakannya kapanpun dan dimanapun itu. Tanpa ada batasannya. Berbeda dengan aplikasi sejenis pada umumnya yang menetapkan durasi penggunaan. 

Apple dictation

Aplikasi transkrip audio terbaik yang lainnya adalah apple dictation. Dri namanya sudah tahu ya kalau aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh pihak apple, dan sudah pasti diperuntukkan bagi mereka yang menggunakan perangkat keluaran apple.

Dan kini, pihak apple memang menjadikan aplikasi apple dictation ini sebagai aplikasi bawaan atau fitur bawaan pada perangkat mereka. Yang memungkinkan pada penggunanya buat mengubah suara menjadi teks.  Jika ingin menggunakannya juga tergolong sangat mudah.

Karena anda cuma perlu mengaktifkan fiturnya lewat menu apple saja. Kemudian tinggal pilih yang menu system preferences, dan pilih yang accessibility. Kemudian, pada bagian voice control, pilih sumber mic dan bahasa yang akan digunakan.

Kalau sudah berhasil diaktifkan, maka pada bagian layar bakalan terlihat ada gambar mic. Kemudian silahkan langsung merekamnya. Gampang sekali bukan?

Speechmatics

Pernah mendengar nama aplikasi ini? Mungkin, sudah ada beberapa di antara anda yang kenal dan tahu dengan aplikasi ini, tapi belum tertarik menggunakannya. Jadi, speechmatics merupakan salah satu aplikasi transkrip audio terbaik yang juga sangat recomended buat digunakan oleh siapapun. 

Terutama untuk anda yang punya banyak file audio yang mau diubah menjadi teks. Ada banyak sekali keunggulan yang dimilikinya. Salah satunya adalah akses yang berbeda tetap bisa dideteksi oleh pihak aplikasi. Karena pada dasarnya, nggak semua akses bahasa Inggris itu sama kan?

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan anda buat mengubah file rekaman dalam bentuk apapun menjadi teks. Salah satunya adalah rekaman telepon yang akan diubah menjadi teks. Menarik sekali bukan?

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Recording Android Terbaik dan Ringan

Bahkan yang nggak kalah menarik dan kerennya lagi adalah, aplikasi ini juga sudah didukung dengan file yang jumlahnya cukup banyak dengan ukuran yang besar. Hanya saja, aplikasi ini punya keterbatasan bahasa. Yang mana, hanya ada 35 saja bahasa yang sudah didukung. Dan di dalamnya belum ada bahasa Indonesia. Sayang sekali.

Verbit

Verbit nggak hanya sebatas  menjadi aplikasi transkrip audio  menjadi teks secara real time. Melainkan juga bisa banget membuat versi tulisan dari file yang sudah anda masukkan. Di dalamnya,sudah tersedia 5 kategori industri yang nantinya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Hal yang paling menarik dari aplikasi verbit adalah terdapat kategori elearning dengan edukasi loh. Yang diperuntukkan bagi mereka yang menyandang disabilitas, yang nantinya bisa banget diintegrasikan ke learning management system.

Bagi yang mau membuat subtitle otomatis, bisa juga menggunakan aplikasi ini. Karena filenya yang dihasilkan bisa dalam berbagai macam jenis format. Mulai dari scc, kemudian ada yang vtt, dan ;lain sebagainya deh. Yang menarik nya lagi, pihak aplikasi bahkan mengklaim dan menjanjikan bahwasanya tingkat akurasi mereka sampai 99 persen loh.

Yang mana, angka tersebut menunjukkan bahwasanya hasil transkrip audionya bakalan nyaris sempurna, tanpa kesalahan yang fatal. Dan ini juga menunjukkan bahwasanya anda nggak perlu lagi ngecek ulang apakah teksnya sudah sesuai dengan audio yang anda terjemahkan menjadi teks tersebut.

Benar benar hemat waktu ya. Hanya saja, saat menggunakan aplikasi maka anda akan melihat harga tiap kali menggunakannya, yang sudah pasti bakalan cukup mengganggu.

Google doch voice typing

Anda harus ngetik banyak hal, tapi males ngetik? Tenang, ada google doc voice typing yang siap membantu. Dewasa ini banyak banget orang orang yang menggunakan google docs. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu bahwasanya google doc itu punya fitur menarik yang wajib digunakan.

Yakni, fitur yang bisa digunakan untuk menerjemahkan suara atau audio menjadi teks. Ada yang pernah tahu? Beberapa di antara anda mungkin sudah ada yang tahu. Karena memang fitur ini sempat viral beberapa waktu yang lalu.

Bagi yang males banget ngetik, kami rekomendasikan untuk menggunakannya deh. Apalagi nih, fiturnya sudah didukung dengan bahasa Indonesia.  Aplikasi ini basisnya adalah cloud atau penyimpanan awan. Sehingga semua file yang sudah tersimpan bakalan bisa banget tersinkron.

Penggunaannya juga tergolong sangat mudah. Karena anda cuma perlu pilih saja menu toolsnya, kemudian klik di tulisan voice typing.

Atau bisa juga menggunakan shortcutnya dengan menekan ctrl + shift + s. Gampang kan? Setelah mengaturnya, maka akan muncul logo atau gambar mic di sebelah kanan. Dan sekarang anda bisa langsung berbicara, maka pihak aplikasi bakal langsung mengubah suara anda menjadi teks. 

Braina bro

Adapun rekomendasi aplikasi transkrip audio terbaik yang berikutnya adalah braina bro. Pernah mendengar nama aplikasi yang satu ini? Kalau kita perhatikan, nggak semua laptop atau komputer dibekali dengan mic yang bagus kan?

Padahal, kualitas mic nya bakalan berpengaruh banget terhadap akurasi suara yang akan diterjemahkan menjadi teks. Nah, kalau kebetulan komputer atau perangkat anda punya mic yang kurang bagus, nggak usah buru buru membeli mic eksternal deh.

Karena sebenarnya anda bisa kok memanfaatkan mic yang ada di ponsel agar bisa nampilin teksnya di pc. Dalam artian, suaranya menggunakan kualitas mic ponsel, namun hasilnya atau pengubahan teksnya akan dilakukan lewat laptop atau komputer anda.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Memindai  Dokumen Terbaik

Gimana keren banget kan? Kegiatan ini bisa anda lakukan dengan memanfaatkan aplikasi briana pro. Yang notabenenya merupakan salah satu aplikasi yang sederhana, dan recomended banget digunakan. Apalagi dengan tampilan atau interface nya yang super menarik meski sederhana.

Ramah pengguna juga loh. Aplikasi ini telah dibekali dengan berbagai macam fitur menarik. Salah satunya adalah telah didukung oleh 90an bahasa, dan di dalam 90 an bahasa tersebut termasuk Bahasa Indonesia juga loh. Menarik sekali bukan?

Hanya saja, berbagai keunggulan yang dimilikinya mengharuskan anda untuk berbayar atau berlangganan. Tapi nggak usah khawatir. Karena harga yang ditawarkan masih tergolong sangat terjangkau kok. Jika ingin menggunakan yang gratisannya bisa sih.

Yakni dengan menggunakan briana lite. Namun tetap saja, menggunakan yang lite pasti akan membuat anda menemukan beberapa keterbatasan kan? Jadi, kalau memang ada budgetnya, nggak ada salahnya untuk menggunakan yang versi berbayar kan?

Speech texter

Buat anda yang tertarik dengan model aplikasi seperti ini, tapi ruang penyimpanan pada perangkatnya bener bener limit, maka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi ini saja deh. Karena ketika menggunakan speech texter, anda nggak perlu dan nggak harus download aplikasinya ke komputer anda.

Mengapa demikian? Ya karena basisnya adalah web. Menarik sekali bukan? Caranya cuma perlu buka saja browser yang akan digunakan, kemudian pergi ke situs mereka di speechtexter.com. Lalu berbicaralah, maka pihak situs yang akan menerjemahkannya menjadi teks.

Kabar baiknya, karena basis dari aplikasi ini adalah web, itu artinya anda nggak harus menggunakannya lewat laptop atau pc saja.

Tapi juga bisa banget menggunakannya lewat ponsel. Anda dapat menggunakannya secara gratis loh. Dan saat ini sudah didukung dengan 60 an bahasa. Dan di dalamnya sudah termasuk Bahasa Jawa dengan Bahasa Indonesia.

Watson speech to text

Aplikasi terakhir yang juga kami rekomendasikan adalah watson speech to text. Aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan oleh orang orang. Ia nggak cuma mempunyai keakuratan yang baik, tapi juga memunginkan anda buat nambahin beberapa kata kunci loh.

Agar tingkat akurasinya bertambah. Bukan hanya itu saja, dengan aplikasi ini anda juga dapat memilih model suara yang didasarkan pada bahasa dengan frekuensi suara. Tujuannya adalah untuk memudahkan pihak aplikasi ketika akan menerjemahkan dialog atau audionya.

Banyaknya fitur yang tersedia di dalam aplikasi membuatnya banyak dipilih oleh banyak orang. Termasuk oleh mereka yang memang selalu bersinggungan dengan kegiatan transkrip audio ke teks. 

Nah itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi transkrip audio terbaik dari kami. Anda bisa memilih aplikasi manapun yang sesuai dengan kebutuhan anda ya. Kalau mau mencari yang gratisan, silahkan pilih aplikasi yang memang bisa digunakan secara gratis.

Kalau membutuhkan aplikasi yang bisa transkrip audio bahasa indonesia, maka silahkan cari aplikasi yang bisa melakukannya. Karena nggak semua aplikasi sudah dibekali dengan kemampuan bahasa Indonesianya. Oke, demikian pembahasan sederhana dan singkat kali ini. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan semoga membantu ya.