10 Rekomendasi Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik

10 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik di Android dan iOS – Saat lagi ngedengerin musik, pernah nggak sih anda ngerasa kayak pengen ikut nyanyi, tapi lupa liriknya. Atau takut salah lirik? Pasti pernah kan? Nah hal ini sebenarnya merupakan sesuatu yang lumrah kok.

Mengingat ada segudang lagu yang tersimpan di dalam memori kita. Nah jika hal tersebut juga terjadi kepada anda, apa sih yang anda lakukan? Berhenti menyanyi? Tentu tidak harus berhenti memanyi kok. Karena anda tetap bisa ikut bernyanyi.

Yakni dengan memanfaatkan aplikasi pendeteksi lagu terbaik. Dengan bantuan aplikasi model ini, anda bisa mendeteksi lagu yang sedang didengarkan, kemudian bisa bernyanyi sesuai dengan lagu yang sedang diputar.

So, buat anda yang kadang kadang suka lupa lirik, atau lupa judul lagu, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi model ini deh. Penasaran apa saja aplikasinya? Simak beberapa rekomendasinya berikut ini. 

Aplikasi pendeteksi lagu terbaik

Berikut ini merupakan beberapa pilihan aplikasi yang bisa anda gunakan. Untuk aplikasi aplikasi berikut, bisa digunakan dengan menggunakan perangkat yang menggunakan sistem operasi windows dengan sistem operasi ios ya. So, langsung simak daftarnya berikut. 

Google Assistant

Rekomendasi aplikasi pendeteksi lagu terbaik yang pertama adalah aplikasi google assistant. Bagi para pengguna setia google pasti sudah nggak asing lagi dengan aplikasi satu ini kan? Jadi, aplikasi ini memang sudah sangat umum diketahui oleh semua orang.

Di mana, ia sudah ada dari tahun 2016 yang lalu, dan tergolong sangat membantu para pengguna android.  Termasuk untuk urusan pendeteksi lagu ya. Untuk mendeteksi lagu yang sedang anda dengarkan, caranya juga tergolong sangat mudah.

Yang mana, anda cuma perlu bertanya saja kepada pihak google, kemudian memperdengarkan cuplikan lagu yang tengah anda cari.

Maka dengan demikian, akan muncul informasi sesuai dengan yang dicari. Baik itu informasi nama penyanyi, lirik lagu, sampai dengan judulnya. Gimana, menarik banget kan? Bagi pecinta musik dan lagu lagu, wajib sih mempertimbangkan keberadaan aplikasi yang satu ini. 

Shazam

Rekomendasi aplikasi yang kedua adalah aplikasi shazam. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sudah ada dari tahun 2002 yang lalu loh. Dan baru populer beberapa tahun terakhir. Ia merupakan aplikasi terbaik yang patut dipertimbangkan oleh para pengguna android.

Baca Juga :  10 Aplikasi Translate Terbaik untuk Smartphone 

Karena banyaknya fitur fitur keren yang tersedia di dalamnya. Bahkan untuk saat ini sudah ada lebih dari 100 jutaan orang yang menggunakannya. Kabar baiknya lagi, aplikasi shazam nggak hanya bisa digunakan oleh anda yang menggunakan android kok.

Tapi juga bisa banget digunakan oleh anda yang menggunakan sistem operasi ios, windows, hingga mac. So, bisa digunakan oleh hampir semua perangkat lah ya. Ada segudang keunggulan yang dimilikinya. Salah satunya adalah dari segi ukuran aplikasi.

Yes, ukurannya super kompatibel. Selain itu, anda juga bisa menggunakannya dengan sangat mudah. Cukup dekatkan saja ponsel ke sumber suara atau musik yang sedang didengarkan, maka pihak aplikasi bakalan langsung mendeteksi lagu. Kabar baiknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan secara online dan juga offline loh.

So, kalau anda ngerasa males menggunakannya secara online karena mau hemat paket internet, bisa menggunakan aplikasi satu ini saja.

SoundHound

Untuk rekomendasi aplikasi pendeteksi lagu terbaik yang berikutnya merupakan aplikasi soundhound, yang merupakan salah satu aplikasi yang sudah cukup lama adanya. Yakni dari tahun 2005 yang lalu. Aplikasi satu ini sudah didownload oleh lebih dari 100 juta orang loh.

Ia adalah aplikasi yang berasal dari Amerika, dan dibuat oleh soundhound inc.  Sebagaimana aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga mempunyai berbagai macam keunggulan.

Mulai dari ukurannya yang kompatibel, kemudian kemampuannya untuk mendeteksi lagu dengan sangat baik, tampilan yang sederhana, mudah digunakan, tampilan menarik, kompatibel dengan berbagai perangkat, dan yang lainnya.

Soundhound dapat mendeteksi lagu dengan memasukkan lirik yang anda ingat doang loh. Dengan demikian, maka aplikasi bakalan langsung melacak lagunya.

Genius

Yang berikutnya adalah aplikasi genius. Nggak berbeda jauh dengan aplikasi aplikasi lainnya, genius juga menjadi salah satu aplikasi terbaik yang patut buat dipertimbangkan.  Ia juga mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam mendeteksi lagu. Aplikasi ini sudah rilis dari tahun 2009 yang lalu.

Dan tergolong sangat kompatibel. Mulai dari ukurannya sampai dengan sistem operasi yang dapat menggunakannya. Aplikasi ini dikonsep dengan sangat baik. Karena hadir dengan tampilannya yang super menarik dan nyaman untuk digunakan.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Kompres File Terbaik

Anda dapat mendeteksi sebuah lagu dengan sangat mudah dan cepat lewat bantuan aplikasi ini. Ukurannya yang ringan menjadikan aplikasi genius menjadi salah satu aplikasi yang sangat ramai digunakan oleh orang orang.

Kini, sudah ada lebih dari 5 jutaan orang yang menggunakannya. Buat anda yang tertarik untuk menggunakan aplikasi satu ini, bisa langsung download aplikasinya sekarang. 

HOUND Voice Search & Assistant

Sementara aplikasi berikutnya yang juga kami rekomendasikan adalah aplikasi hound voice search. Meskipun baru didownload sebanyak sejuta orang lebih, belum mencari angka aplikasi aplikasi sebelumnya, namun aplikasi ini tetap recomended kok buat digunakan.

Aplikasi ini dikembangkan oleh soundhound inc. Dan hadir dengan tampilan yang sangat menarik. Ukurannya hanya 38 MB saja. Ia mempunyai kemampuan yang sangat bagus untuk mendeteksi lagu. Kalau diperhatikan sih, sistem yang ditawarkan oleh aplikasi ini agak mirip dengan sistem yang digunakan oleh pihak google assistant dengan siri.

Pihak aplikasi berhasil memperoleh rating yang cukup tinggi dan memperoleh ulasan yang sangat baik dari para pengguna penggunanya. Untuk anda yang penasaran dengan aplikasi ini, bisa coba download dan gunakan aplikasinya sekarang.

Siri

Aplikasi pendeteksi lagu terbaik yang lainya adalah siri. Kalau di android ada yang namanya google assistant, maka di iphone ada yang namanya siri. Nah, bagi anda yang menggunakan sistem operasi ios, bisa banget menggunakan siri saja.

Dengan bantuan siri, anda bisa mendeteksi lagu yang sedang anda cari tahu loh. Ia sudah ada dari tahun 2011. Sudah lumayan lama ya. Dengan bantuan siri, anda bisa mencari informasi seputar lagu. Mulai dari penyanyinya, kemudian judul, sampai dengan liriknya deh.

Penggunaan aplikasi satu ini juga nggak kalah mudah dan menariknya dengan penggunaan aplikasi yang lain. Karena yang perlu dilakukan hanya sebatas bertanya saja kepada si siri, dengan menggunakan bahasa Inggris tentunya. Misal, siri, what song is this?

Dengan demikian, maka siri akan berusaha mendengarkan, kemudian menemukan apa yang sedang anda cari. Kalau sudah, anda akan melihat hasil pencarian yang dilakukan oleh siiri. 

Song Finder & Identifier

Rekomendasi yang berikutnya adalah aplikasi song finder and identifier. Pernah mendengar nama aplikasi yang satu ini? Beberapa di antara anda pasti sudah lumayan banyak yang nggak asing dengan song finder and identifier ini.

Baca Juga :  10 Aplikasi Download Lagu MP3 Online Gratis Terbaru

Yang mana, dari namanya saja sudah kelihatan sih, kalau ia adalah aplikasi yang bisa digunakan buat mencari tahu lagu yang ingin anda tahu. Hanya dengan hitungan detik saja, anda bisa menemukan nama penyanyi, judul lagu, sampai dengan lirik lagunya.

Gimana gimana, bagus banget kan? Kemampuannya dalam mendeteksi lagu yang sangat bagus telah menjadikannya dijadikan sebagai aplikasi andalan banyak orang.

Musixmatch

Sementara rekomendasi yang berikutnya adalah aplikasi musixmatch. Aplikasi ini sudah ada dari tahun 2010 yang lalu. Lumayan lah ya, sudah 12 tahunan. Ukurannya tergolong kecil, sehingga sangat kompatibel dengan perangkat yang anda gunakan.

Selain bisa digunakan oleh para pengguna sistem operasi windows, aplikasi ini juga bisa banget kok digunakan di perangkat yang menggunakan sistem operasi ios dengan android. 

Ia mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam mendeteksi lagu, baik itu lirik, penyanyi, atau yang lainnya. Dan kini sudah ada lebih dari 50 jutaan orang yang menggunakannya.

Music Recognition

Sistem yang ditawarkan oleh aplikasi pendeteksi lagu terbaik satu ini sih nggak berbeda jauh dengan sistem yang ditawarkan oleh aplikasi lain yang sejenis. Ia merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh beats find music recognition.

Dan kabar baiknya, aplikasi ini nggak hanya sekedar bisa mendeteksi judul lagu yang sedang anda cari doang, tapi juga mempunyai kemampuan untuk mendeteksi biografi si penyanyinya, kemudian track yang lainnya juga. Penggunaan aplikasi juga tergolong sangat mudah dan simpel.

Bagi anda yang mempunyai perangkat dengan ukuran yang nggak besar, bisa banget loh menggunakannya. Karena ia hanya butuh ruang penyimpanan 3.s mb doang. Karena ringan, anda bisa menggunakannya dengan sangat mudah. Kini, sudah ada lebih dari sejuta orang yang mendownloadnya. Dan sekarang adalah giliran anda.

MusicID

Kalau diperhatikan, aplikasi ini juga masuk ke dalam salah satu aplikasi yang patut buat dipertimbangkan. Ukurannya lebih besar dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya ya. Yakni 44 mb. Dengan bantuannya, anda bisa mencari dan mendeteksi lagu yang tengah dicari. Anda bisa menggunakannya dengan sangat mudah dan cepat tentunya. 

Oke, itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi pendeteksi lagu terbaik dari kami. Silahkan pilih manapun aplikasi yang kiranya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba.