10 Rekomendasi Aplikasi Coding Terbaik 

10 Rekomendasi Aplikasi Coding Terbaik  – Untuk menciptakan aplikasi aplikasi, seorang programmer pasti butuh yang namanya aplikasi coding terbaik. Ia kan? Dan sebagai seorang programmer, akan jauh lebih baik juga kalau anda mengetahui apa saja sih aplikasi yang bisa digunakan.

Nah, bagi yang masih bingung nih mau menggunakan aplikasi apa, bisa cobain gunakan beberapa rekomendasi berikut ya. 

Aplikasi coding terbaik

Pada artikel ini kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang patut buat dicoba. Yang mana, masing masing aplikasinya hadir dengan berbagai macam keunggulan yang berbeda. Lengkap dengan fitur fitur yang berbeda pula. Oke, daripada penasaran, perhatikan daftar berikut. 

Sublime Text

Rekomendasi pertama adalah aplikasi sublime text. Beberapa di antara anda pasti sudah nggak asing dengan aplikasi coding terbaik satu ini. Ya, karena ia merupakan salah satu aplikasi terbaik yang benar-benar harus dipertimbangkan. Sebenarnya, aplikasi satu ini bisa banget digunakan di berbagai macam jenis sistem operasi.

Mulai dari linux, windows, sampai dengan mac. Tapi kalau diperhatikan sih, paling cocok memang ketika digunakan di sistem operasi yang linux ya.  Karena saat digunakan lewat linux, performanya bakalan bagus banget. Aplikasi ini juga termasuk ke dalam salah satu aplikasi yang mudah untuk digunakan atau dioperasikan.

Ada segudang fitur bermanfaat yang bisa anda manfaatkan. Mulai dari goto anything, kemudian customize anything, lalu instant project switch, dan yang lainnya.Sayangnya, ia merupakan aplikasi berbayar ya. Untuk harganya ya sekitaran 70 dolar.

Bagi anda yang menggunakan sistem operasi linux, dan pengen nyobain aplikasi ini, bisa banget kok. Download aja aplikasinya sekarang. 

Visual Code Studio

Aplikasi coding terbaik yang berikutnya adalah aplikasi visual code studio. Aplikasi ini juga nggak kalah bagusnya kok dengan aplikasi sebelumnya. Oh ya, visual code studio merupakan aplikasi yang dikemnangkan oleh pihak windows ya. Sebagaimana aplikasi aplikasi besutan google, pihak windows juga nggak pernah gagal kalau ngeluarin produk.

Pasti bagus banget deh. Apalagi nih, visual code ini punya tampilan yang sederhana, tapi tetap menarik, sehingga nyaman ketika anda gunakan. Pihak aplikasi memberikan dua model penggunaan. Dalam artian, anda bisa menggunakan yang model gratis, dan bisa juga yang berbayar.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Bank Digital Terbaik

Kalau mau menggunakan yang versi gratis juga nggak masalah sih. Karena ternyata, versi gratisnya tetap bagus banget, dan mampu bersaing dengan yang berbayar.

Ada segudang keunggulan dan fitur menarik juga yang bisa anda gunakan. Bahkan, aplikasi besutan windows yang satu ini sudah dilengkapi dengan barisan kode otomatis loh. Aplikasi ini juga siap memudahkan anda. 

Emacs

Rekomendasi yang berikutnya adalah aplikasi emacs. Tahukah anda bahwa ternyata aplikasi coding terbaik yang satu ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Yakni, sudah rilis dari tahun 1975 lalu. Sudah lama banget kan? Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang tetap eksis sampai saat ini.

Usianya yang sudah tergolong tua jika dibandingkan dengan aplikasi semodel yang lain tentu menunjukkan eksistensinya yang luar biasa. So, bagi anda yang sedang nyari aplikasi coding, kami sarankan untuk menggunakan emacs deh.  Nggak kalah bagusnya dengan beberapa aplikasi sebelumnya. 

BlueFish

Namanya tergolong unik. Agak berbeda dengan nama nama aplikasi coding terbaik yang lainnya. Meskipun membawa nama yang unik, namun ia tetap recomended banget kok buat anda pertimbangkan. Aplikasi ini nggak cuma bisa anda gunakan lewat sistem operasi windows saja.

Tapi juga bisa banget kalau mau digunakan lewat sistem operasi yang lain. Seperti mac os dengan linux ya. Sebagaimana aplikasi  sublime text, aplikasi bluefish ini juga maksimal ketika anda gunakan lewat sistem operasi linux. Nah, di dalamnya juga terdapat berbagai macam fitur menarik yang bisa anda gunakan.

Mulai dari pencarian canggih, kemudiah ada fungsi undo dengan redonya, toolbar, format baris kode, dan yang lainnya. Dengan bantuan aplikasi ini, anda juga bisa membuka berbagai macam jenis file dengan ukuran besar dengan satu waktu.

Menarik banget kan? Oh ya, aplikasi ini recommended dan bisa menjadi andalan untuk anda yang sedang nyari aplikasi aplikasi ringan ya.

Proses penggunaannya juga mudah dan sederhana. Hal paling menarik dari bluefish adalah kecepatannya yang stabil. Bagi anda yang tertarik dengan aplikasi ini, bisa download aplikasinya menggunakan aplikasinya sekarang ya.

UltraEdit

Untuk rekomendasi aplikasi coding terbaik berikutnya adalah aplikasi ultraedit. Sebagaimana aplikasi atau software sebelum sebelumnya, ultraedit juga hadir dengan berbagai macam keunggulannya. Anda bisa menemukan banyak sekali fitur di dalamnya. Keren deh.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Remote Desktop Terbaik

Kayak fitur disk based text editing, lalu spell checker, large file handling, unicode support, dan yang lainnya. Masih banyak fitur keren dan lengkap yang lainnya deh.

Hanya saja, untuk menggunakan seluruh fitur fitur keren mereka, anda meski membeli lisensi aplikasinya dulu ya.  Nggak usah khawatir, karena harga yang ditawarkan masih tergolong sangat terjangkau kok. 

Brackets

Yang berikutnya adalah aplikasi coding terbaik terbitan atau keluaran dari adobe. Produk keluaran adobe juga nggak pernah gagal kok. Anda dapat memanfaatkannya dengan cukup mudah. Apalagi dengan tampilannya yang sederhana. Anda bahkan bisa mengubah modenya sesuai dengan kebutuhan.

Ada yang mode gelap, dan ada juga yang terang. Kemudian, aplikasi ini juga memungkinakn anda buat menambahkan tema yang ada di extension manager.

Gimana, keren banget kan? Nggak hanya itu saja. Pihak developernya bahkan juga sudah menawarkan dan membekali banyak fitur keren ke dalam aplikasi mereka. Yang siap membantu proses coding anda nantinya. Salah satu fitur terbaiknya adalah live preview.  Gimana, tertarik untuk menggunakannya?

Komodo Edit

Adapun aplikasi coding terbaik yang berikutnya adalah aplikasi komodo edit. Sebagaimana beberapa aplikasi sebelumnya, nama aplikasi coding yang satu ini juga tergolong agak unik ya. Anda bisa menggunakannya lewat perangkat yang menggunakan sistem operasi mac, kemudian windows, dan juga linux.

Ia merupakan aplikasi yang sudah ada dari tahun 2007 yang lalu ya. Dan lumayan lama lah. Eksistensinya yang luar biasa telah membuat banyak membuat programmer menggunakannya.  Apalagi dengan beragam fitur keren di dalamnya. Untuk anda yang tertarik menggunakan komodo edit, kami sarankan untuk mengunduhnya sekarang.

Notepad++

Kalau aplikasi satu ini, juga sebenarnya nggak kalah populer dan bagusnya kok dengan aplikasi aplikasi sebelumnya. Bahkan, ia memiliki popularitas yang sangat baik. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh pihak notepad.

Dan notepad sendiri merupakan aplikasi bawaan dari pihak windows. Kalau yang pakai windows pasti sudah nggak asing lagi dengan notepad kan? Di dalamnya juga terdapat banyak sekali fitur fitur canggih yang bisa anda manfaatkan saat sedang ngoding.

Seperti macro recording, kemudian ada fitur text shortening juga, ada shortcut customization, dan yang lainnya. Anda bisa menggunakan aplikasi keren ini secara gratis. Dan kabar baiknya, ia mempunyai kemampuan untuk mengenali bahasa programmer yang beragam.

Baca Juga :  10 rekomendasi aplikasi untuk membantu program diet terbaik

Atom

Aplikasi coding terbaik yang berikutnya adalah aplikasi atom, yang merupakan aplikasi milik atau buatan github. Aplikasi keren ini juga sudah didukung dengan berbagai bahasa, dan dibuat dengan tampilan yang sederhana, sehingga mudah digunakan dan dipahami. 

Software ini sudah kompatibel dengan berbagai macam jenis sistem operasi. Mulai dari yang windows, kemudian mac, dan juga linux.

Di dalamnya anda juga bisa menemukan berbagai macam fitur fitur keren. Banyaknya fitur keren di dalamnya telah membuat banyak programmer memilih untuk menggunakannya. So, sekarang sudah waktunya anda membuktikannya sendiri.

Vim

Rekomendasi yang terakhir adalah aplikasi vim. Pernah mendengar namanya? Beberapa di antara anda pasti sudah nggak asing lagi dengan aplikasi coding terbaik satu ini. Mengapa demikian? Ya karena kepopulerannya yang luar biasa.

Apalagi mengingat keberadaannya yang sudah ada dari tahun 1991 yang lalu. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan dengan menggunakan sistem operasi linux ya.  Tampilannya juga tergolong sederhana, sehingga bisa anda gunakan dengan cepat dan mudah.

Selain itu, performa aplikasinya juga sangat baik. Aplikasi ini telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur keren dan menarik. Salah satunya adalah fitur untuk mengubah teks, kemudian memindah baris, menghapus baris, sampai dengan mengubah barisan sesuai dengan kebutuhan.

Bahkan, masih ada segudang keunggulan lain yang dimilikinya. Salah satunya adalah ada banyak bahasa pemrograman yang sudah didukung oleh aplikasi.

Kayak bash script, kemudian php, c, dan yang lainnya.  Untuk anda yang penasaran dan tertarik dengan berbagai macam keunggulan serta fitur yang ada, silahkan download aplikasinya sekarang juga. 

Oke, itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi coding terbaik dari kami. Dari banyaknya aplikasi yang kami rekomendasikan, pasti ada beberapa aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda kan? So, silahkan pilih saja mana yang kiranya sesuai.

Kemudian, nggak ada salahnya juga buat membaca ulasan ulasan dan komentar para programmer yang telah dulu menggunakan aplikasi ini. Karena itu bakalan ngebantu banget. Demikian ulasan singkat dari kami. Silahkan memilih dan memertimbangkan masing masing apikasi. Semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba ya.