10 Rekomendasi Aplikasi Aksara Jawa Terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi Aksara Jawa Terbaik – Bagi yang tertarik atau berencana untuk liburan ke Jogja ataupun Solo, mungkin anda membutuhkan aplikasi aksara jawa terbaik deh. Karena kalau berwisata ke kedua daerah tersebut, anda pasti akan menemukan tulisan unik di beberapa papan nama jalan.

Yang mana, tulisan tersebut merupakan tulisan aksara jawa. Kalau biasanya, memang ada tulisan latinnya, tapi kadang-kadang juga nggak ada. 

Kalau kebetulan nggak ada, mungkin akan menimbulkan rasa penasaran kan? Maka untuk menerjemahkannya, anda bisa banget memanfaatkan aplikasi model ini. Karena ia juga bisa anda jadikan sebagai aplikasi buat belajar. Oke buat yang penasaran, langsung saja simak beberapa rekomendasi aplikasi aksara jawa terbaik berikut. 

Aplikasi aksara jawa 

Berikut adalah beberapa rekomendasi dari kami. Nantinya silahkan dipilih saja sesuai dengan kebutuhan. Oh ya, aplikasi aplikasi berikut ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan pada perangkat ponsel anda ya. Jadi, nggak meski menggunakan laptop dulu. 

Aksara jawa

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi aksara jawa terbaik yang patut buat dipertimbangkan. Ia merupakan sebuah aplikasi yang sederhana, alias simpel, dengan ukuran yang benar-benar super kecil. Yakni cuma 2.8 mb doang. Nggak sampai 3 mb loh.

Wah, keren sih ini. Karena ukurannya kecil, itu artinya ia merupakan aplikasi yang nggak butuh ruang penyimpanan besar. Sehingga sangat recomended untuk anda yang punya ponsel dengan ruang penyimpanan super terbatas. Alias sudah limit. Ia merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Hirson.

Di bagian depannya anda akan menemukan bagian perkenalan. Yakni perkenalan huruf jawa dengan beberapa kategori. Mulai dari wilangan, kemudian aksara murda, aksara rekan, aksara swara, dan juga sandangan. Dengan menggunakan aplikasi aksara jawa anda bakalan ngerasa terbantu banget loh.

Karena pihak aplikasinya akan menampilkan contoh kata di tiap kategori yang ada. Kemudian, ia juga memungkinkan untuk anda gunakan ketika akan menerjemahkan aksara jawa. Yakni dengan mengetikkan saja kata ataupun kalimatnya.

Maka akan muncul artinya. Berlaku juga untuk sebaliknya ya. Aplikasi ini sudah lumayan banyak digunakan oleh orang orang.

Sayangnya, karena merupakan aplikasi gratis, maka tidak heran kalau akhirnya anda akan merasa agak risih dengan iklan yang ditampilkan. Kalau tertarik dengan aksara jawa, bisa langsung saja download aplikasinya sekarang juga. 

Marbel Hanacaraka

Rekomendasi aplikasi aksara jawa yang berikutnya adalah marbel hanacaraka. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi terbaik yang pernah ada. Karena selain menawarkan berbagai macam fitur menarik, ia juga merupakan aplikasi yang bener bener santai dan ramah buat anak anak loh.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat CV Terbaik

Ia adalah aplikasi yang dikembangkan oleh educa studio. Ketika selesai mendownload aplikasi, kemudian membukanya, maka anda akan menemukan suara narator. Tentu ini merupakan sebuah sambutan yang menarik kan? Kemudian, anda juga bakalan mendengarkan musik pengiring ketika membuka aplikasi atau fitur lainnya.

Secara umum, pihak aplikasi menyediakan fitur yang dibagi ke dalam 2 buah kategori besar. Yaitu bermain dengan belajar. Dengan dua kategori tersebut, wajar sih kalau kemudian ia menjadi aplikasi yang menyenangkan kan ketika digunakan. Ia kan? Untuk yang fitur belajarnya, tersedia 10 materi yang bisa dipelajari.

Tiganya adalah aksara, sandhangan, dan juga pasangan. Hanya saya, ketika anda berminat dan tertarik untuk membuka yang sisanya, alias ke tujuh pelajaran lain, maka anda meski mengaksesnya lewat kredit bintang. Bintang ini akan anda dapatkan dengan cara melihat iklan yang ada. 

Kalau untuk fitur game atau bermain nya, sudah tersedia 4 buah permainan yang nantinya dapat anda cobain. Mulai dari tebak aksara, kemudian puzzle, menulis aksara, sampai dengan tebang pasangan. Dengan konsep yang demikian, aplikasi ini bisa dikatakan sangat menarik ya. 

Nulis Aksara

Rekomendasi yang lainnya ialah aplikasi nulis aksara. Aplikasi termasuk ke dalam salah satu aplikasi yang mungkin tergolong recomended banget buat digunakan. Karena di dalamnya sudah banyak sekali fitur fitur menarik yang bisa digunakan.

Apalagi nih, kita nggak bisa memungkiri bahwasanya belajar aksara jawa bukanlah perkara yang mudah. Maka untuk mempelajarinya setahap demi setahap, kami sarankan untuk menggunakan nulis aksara. 

Nulis Aksara Jawa

Yang namanya belajar aksara, pasti mengharuskan anda untuk sering sering berlatih dan mencoba kan? Nah, hal inilah yang diterapkan oleh aplikasi nulis aksara jawa ini.

Yang mana, saat baru saja mendownload dan menginstall aplikasinya, kemudian membuka aplikasi, maka anda akan diminta untuk menulis atau mengetikkan kalimat dalam tulisan latin. Kalau sudah selesai, maka pihak aplikasi yang bakalan menerjemahkannya ke dalam aksara jawa.

Nulis aksara jawa adalah aplikasi yang dikembangkan oleh uzan. Dan saat ini sudah cukup banyak digunakan oleh mereka yang tertarik untuk mempelajari aksara jawa. Aplikasi ini adalah aplikasi yang cukup ringkas, dan cukup simpel. Sehingga memudahkan anda ketika mau menggunakannya.

Sayangnya, pihak pengemang aplikasi belum nyediain fitur yang bisa digunakan untuk mengecek tulisan aksara jawanya bener atau nggak. Jika merasa tertarik dengan aplikasi satu ini, maka nggak ada salahnya untuk langsung download aplikasinya sekarang juga. 

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi belajar bahasa Inggris di HP Android

aksårå

Adapun aplikasi aksara jawa terbaik yang berikutnya adalah aksara. Aksara ini merupakan aplikasi transliterasi dari huruf latin ke aksara indonesia, dan bisa juga sebaliknya ya. Jadi, nggak ada salahnya kok untuk belajar bahasa jawa lewat aplikasi terjemah. Karena saat ini sudah banyak banget aplikasi terjemah yang bisa dimanfaatkan.

Termasuk aplikasi yang satu ini. Dengan bantuan aplikasi ini, anda bisa mempelajari aksara jawa dengan cukup mudah dan simpel. Pihak developnya terus berusaha untuk mengembangkan aplikasi. Hal ini terlihat dari mulai banyaknya transliterasi yang tersedia di dalamnya.

Selain memungkinkan anda buat belajar bahasa jawa, aplikasi ini juga bisa banget digunakan ketika anda mau belajar aksara atau bahasa yang lain. Karena ternyata, sudah ada lebih dari 10 dan aksara yang didukung loh.

Mulai dari aksara bali, kemudian aksara batak mandailing, lalu aksara batak simalungun, aksara jawa modern, aksara lintara bugis, aksara kawi, aksara jawa kuno, aksara lontara makassar, aksara rejang, aksara mbojo, dan juga aksara sunda. Menarik banget kan? Kapan lagi coba, bisa download aplikasi tapi bisa belajar banyak bahasa.

Pepak Bahasa Jawa

Kalau diperhatikan, pepak bahasa jawa ini sebenarnya sebuah e book loh. Cuma, ebooknya kemudian dibuat aplikasi. Dengan bantuan aplikasi aksara jawa terbaik yang satu ini, anda bisa dengan mudah mempelajari materi materi bahasa jawa yang tersedia di dalamnya.

Dan secara umum, tersedia 7 materi yang tersedia.  Untuk yang tertarik dengan pepak bahasa jawa, bisa langsung download aplikasinya sekarang juga. 

Hanacaraka

Dari namanya saja sudah kelihatan, kalau aplikasi ini pasti berkenaan dengan aplikasi bahasa jawa. Nah, bagi anda yang sedang mencari aplikasi aplikasi sederhana, tapi lengkap, mungkin bisa pertimbangkan aplikasi hanacaraka saja deh. Karena memang selengkap itulah aplikasinya.

Yang mana, dengan hanacaraka, anda dapat belajar banyak hal tentang bahasa jawa. Kayak ragam aksara jawa, kemudian cara menggunakan tiap jenis aksaranya, gimana cara menuliskannya, sampai dengan gimana sih cara membacanya. Gimana, lengkapkan?

Yang kalau kita bandingin dengan beberapa aplikasi sebelumnya, tentu ia merupakan aplikasi yang paling lengkap. Dengan fitur lengkap dan materi yang bagus tersebut, aplikasi recomended banget untuk siapapun yang ingin belajar bahasa jawa.

Kemudian, lewat aplikasi ini anda juga bisa belajar aturan aturan penggunaan tanda baca dalam aksara jawa, dilengkapi dengan contohnya pula. Selain menghadirkan materi yang lengkap, aplikasi ini juga sudah dibekali dengan fitur buat latihan dan evaluasi loh.

Baca Juga :  10+ Rekomendasi Aplikasi Ojek Online Terbaik 

Pada fitur latihan tersebut, anda bakalan mendapatkan tes, yakni tes buat menulis huruf, membaca huruf, kata, sampai dengan pengungkapan kata. Dengan fitur lengkapnya, aplikasi ini cuma berukuran 3.9 mb saja. Nggak besar kok. So, yakin nggak tertarik dengan hanacaraka?

Keyboard Aksara Jawa

Untuk rekomendasi yang berikutnya adalah keyboard aksara jawa. Ia merupakan aplikasi yang bentuknya adalah papan ketik digital. Yang memungkinkan anda buat mempelajari bagaimana sebenarnya cara menulis aksara jawa, dan bagaimana merangkai aksara jawa.

Bagi yang mungkin tertarik dengan proses penulisannya, bisa coba download aplikasi ini sekarang juga. Dan anda juga bisa menikmati berbagai macam fitur fitur keren yang ada di dalamnya.

Sinau Bahasa Jawa

Aplikasi ini juga termasuk ke dalam salah satu aplikasi aksara jawa terbaik yang tergolong sederhana. Nggak berlebihan. Dan menghadirkan kesan nyaman ketika digunakan. Saat membuka aplikasi dan berada di halaman depannya, maka anda akan mendapati dua buah tombol navigasi. 

Ketika anda mau mengakses materi materi pembelajaran, maka anda dapat menggunakan tombol yang kiri. Sementara kalau mau main game tebak tebakan, maka silahkan gunakan saja yang tombol kanan. Untuk materi yang disediakan itu ada 12 materi ya. Lumayan lah ya.

Kalau misalnya mau bermain, maka tersedia 20 an tema yang sangat berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Dan perlu dipahami bahwasanya tiap temanya itu ada tingkat kesulitannya.

Kalau anda masih dalam tahapan pertama, atau masih belajar banget, maka gunakan saja yang tema game pertama.  Yang jelas, masih ada segudang fitur menarik lainnya yang juga bisa anda coba. Nggak percaya? Download sekarang deh. 

Belajar Bahasa Jawa + Suara

Sementara rekomendasi yang terakhir adalah aplikasi belajar bahasa jawa + suara. Namanya saja sudah sangat merepresentasekan aplikasi ini ya. Ia merupakan aplikasi yang dibuat oleh solite kids. Dan ia termasuk aplikasi game edukasi untuk yang mau belajar bahasa jawa.

Kapan lagi kan bisa belajar bahasa jawa dengan cara yang cukup menyenangkan.  Ada segudang fitur keren dan menarik yang siap membantu anda dan anak anda belajar bahasa jawa. Bagi yang bener bener penasaran dengan fitur menarik mereka, bisa coba download aplikasinya sekarang juga deh. 

Oke, itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi aksara jawa terbaik yang kami rekomendasikan untuk anda. Dari beberapa penjelasan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwasanya setiap aplikasi punya ciri khasnya masing masing.

Tiap develop menghadirkan fitur yang berbeda-beda. Dengan konsep yang juga sudah pasti berbeda kan? Selamat memilih, semoga bermanfaat, dan semoga membantu.