10 Rekomendasi Antivirus Lokal Terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi Antivirus Lokal Terbaik – Sebagai pengguna laptop atau komputer, anda meski memahami akan pentingnya aplikasi antivirus. Karena bagaimanapun, perangkat yang setiap harinya anda gunakan untuk berbagai hal sangat rentan terhadap virus.

Mulai dari kegiatan yang berbau browsing, belajar, atau yang lainnya. Kegiatan kegiatan tersebutlah yang akan membuat perangkat terkena virus berbahaya yang nantinya bisa menyebabkan hal-hal kurang baik terhadap perangkat anda.

Menariknya, saat ini sudah sangat banyak sekali aplikasi antivirus yang beredar. Termasuk aplikasi antivirus lokal terbaik loh. Tentu, ada aplikasi yang bisa digunakan secara gratis, dan ada pula yang meski digunakan secara berbayar. Sebagai bagian dari negeri ini, kita mestinya bangga menggunakan produk produk lokal kan?

Sebagai wujud mencintai dan menghargai produk lokal yang ada. Jangan hanya bangga dengan menggunakan brand luar saja. Karena sebenarnya, produk buatan dalam negeri nggak kalah bagus dan menariknya kok dengan produk luar. Oke daripada penasaran langsung saja simak beberapa rekomendasinya berikut. 

Aplikasi antivirus lokal terbaik

Beberapa aplikasi di bawah ini adalah aplikasi terbaik yang benar-benar sangat recomended buat digunakan. Sehingga nantinya, anda bisa pertimbangkan saja masing masing aplikasinya agar mendapatkan aplikasi yang sesuai kebutuhan. 

Smadav

Yes, aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah aplikasi smadav. Kita masih banyak yang belum menyadari bahwa antivirus terbaik yang satu ini ternyata buatan anak negeri kok. Hayo, pasti selama ini anda mengira bahwasanya smadav adalah buatan luar kan? Anda salah.

Aplikasi yang berwarna hijau ini merupakan aplikasi yang sangat ramai digunakan oleh para pengguna laptop dan komputer. Dan ia menjadi salah satu aplikasi terpopuler loh. Aplikasi satu ini sudah ada dari tahun 2006 silam. Sudah lama ya. Dan ia merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh seorang lelaki bernama Zainuddin Nafarin.

Ia membuatnya saat masih menjadi pelajar di SMA. Wah, keren banget kan? Nama aplikasinya sendiri merupakan perpaduan antara singkatan nama SMA nya dengan model aplikasinya. Wah, keren banget deh. Aplikasi ini dibuatnya karena memperoleh pelajaran di sekolah nya berupa visual basic.

Kemudian mulai dikembanhkan kembali di tahun 2008 ketika ia menjadi mahasiswa UGM. Dengan bantuan smadav, anda dapat mengatasi banyaknya virus virus lokal. Baik itu virus lokal atau internasional. Jika ingin menggunakan yang versi gratisnya ada kok.

Tapi kalau mau lebih maksimal, gunakan saja yang versi berbayarnya.  Karena saat menggunakan yang versi berbayar, maka memungkinkan anda buat menikmati berbagai macam fitur yang tersedia di dalamnya. 

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Kompres PDF Terbaik

AVIGEN

Sebagaimana aplikasi antivirus terbaik pertama, aplikasi ini juga kerap dianggap sebagai aplikasi buatan luar loh. Padahal, ia merupakan aplikasi yang dibuat oleh anak negeri. Alias produk lokal. Nah, AVIGEN ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh seorang dosen pengampu mata kuliah visual basic.

Dosen tersebut membuatnya dengan menggunakan ms access 2003. Wah, menarik nih. Sementara main corenya dibuat dosen tersebut dengan menggunakan visual basic 6. Kalau yang taunya hanya pakai saja seperti penulis, pasti bingung ya.

Karena belum pernah mendapatkan materi seperti itu. Kalau bagi sebagian orang yang sudah pernah belajar beranggapan bahwa yang digunakan adalah sesuatu yang simpel. Namun tetap saja, di dalam aplikasinya banyak kok utility yang membuat perangkat laptop atau komputer anda terlindungi dari berbagai macam jenis virus.

Bukan hanya itu saja, bahkan dengan aplikasi ini anda juga bisa banget melakukan scan running process, kemudian process viewer, registry tweak, setting file type, scan autorun location, dan yang lainnya deh.  Aplikasinya dibuat dengan basis open source ya.

Sehingga super gratis. Siapapun bisa mendownloadnya. Dalam hal ini, anda dapat mendownload aplikasinya lewat softpedia. Daripada penasaran mending langsung download aplikasinya sekarang juga. 

ANSAV

Rekomendasi aplikasi antivirus lokal terbaik yang berikutnya adalah aplikasi ANSAV. Pernah mendengar nama aplikasinya? Bagi anda yang suka update pasti sudah tidak asing lagi dengan ansav ya. Jadi, ia merupakan singkatan dari ans antivirus. Ia bisa anda gunakan secara gratis.

Dan siap membantu anda ketika akan mengidentifikasi virus yang ada, kemudian menggagalkan, sampai dengan menghilangkan virus yang berbahaya, lengkap dengan melindungi komputer anda dari malware loh. Aplikasi ini cocok banget buat anda yang suka menggunakan aplikasi gratisan.

Tapi sayangnya, kalau menggunakan yang versi gratisan, itu artinya nggak semua fitur yang tersedia bisa anda gunakan. Jadi, ya mendingan pakai yang berbayar kan?

Adapun sistem yang kompatibel dengan aplikasi ini hanya linux dengan windows ya.  Yang jelas, saat menggunakan ansav, komputer atau laptop anda dijamin aman deh. Karena terlindungi dari virus dan malware yang berbahaya. 

Blue atom

Meskipun mempunyai ukuran yang kecil dan ringan, namun siapa sangka kalau kemampuan aplikasi ini tergolong sangat baik loh. Yakni kemampuannya buat melindungi perangkat anda dari berbagai serangan infeksi dan virus berbahaya.

Selain itu, ia juga bisa banget mencegah banyaknya ancaman terhadap perangkat yang anda gunakan. Mulai dari spyware, kemudian virus, sampai dengan malware. Ukurannya yang kecil membuatnya sangat recomended untuk anda yang punya laptop atau komputer tapi ruang penyimpanannya sudah sangat limit. 

Baca Juga :  10+ Rekomendasi Aplikasi VPN Terbaik 

Aplikasi ini ditawarkan dengan tampilan yang sederhana, sehingga mudah digunakan. Antarmukanya juga tergolong intuitif loh.

Kalau mau menggunakannya, maka nggak perlu konfigurasi yang agak rumit, atau anda nggak perlu juga mengoperasikan penyesuaian yang ribet kayak yang lainnya.  Jika tertarik dengan aplikasi buatan anak negeri satu ini, bisa dicoba langsung download aja aplikasinya sekarang juga. 

PC Media antivirus

Adapun aplikasi antivirus lokal terbaik yang lainnya adalah aplikasi pc media antivirus. Aplikasi satu ini kerap disebut juga dengan pcmav. Yang notabenenya merupakan singkatan dari pc media antivirus ya. Biar nggak terlalu panjang kalau mau nyebutnya.

PC Media antivirus adalah salah satu aplikasi terbaik yang patut buat dipertimabngkan. Ia merupakan aplikasi yang dibuat oleh pc media, sesuai dengan namanya. Yang mana, perusahaan pc media ini merupakan perusahaan majalah komputer ternama di tanah air.

Aplikasinya kompatibel dengan ms windows xp vista, dan 7 ke atas ya. Kemampuannya untuk melindungi laptop atau komputer anda dari berbagai serangan virus sangat baik. Wajar kalau sudah banyak orang orang yang menggunakannya.

ARTAV

Artav merupakan aplikasi yang dibuat oleh anak muda Indonesia yang berasal dari Bandung. Kabar yang mengejutkannya adalah, aplikasi ini dibuat ketika mereka masih duduk di bangku SMP. Wah, keren banget sih ini. Adapun anak muda tersebut ialah Taufik aditya dengan Arrival dwi sentosa.

Mereka merupakan kedua kakak beradik. Dan pemilihan namanya mungkin diambil dari singkatan dari nama keduanya. Yes, mereka berdua merupakan kakak beradik. Untuk yang membuat programnya adalah Arrival, sementara yang membuat desainnya adalah Taufik.

Keduanya membuat aplikasi ini dengan menggunakan visual basic 6.0 dengan visual c++. Dan yang nggak kalah kerennya lagi adalah, mereka memanfaatkan warnet untuk membuatnya. Karena memang di zaman itu belum begitu banyak orang yang menggunakan komputer atau laptop pribadi.

Aplikasi yang berasal dari lokal ini dikeluarkan tahun 2010, tepatnya pada bulan April. Dan masih tetap eksis dan diminati oleh masyarakat luas sampai saat ini.

Dengan aplikasi ini, anda dapat melindungi perangkat dari berbagai jenis virus dengan sangat mudah dan sederhana. Di dalamnya juga sudah tersedia berbagai macam fitur menarik yang bisa dimanfaatkan dengan bebas.

SigmaAV

Rekomendasi berikutnya adalah aplikasi sigmaav. Seperti beberapa aplikasi antivirus lokal yang lainnya, ada banyak orang yang beranggapan kalau aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh orang luas. Aplikasi ini siap membersihkan virus pada laptop atau komputer anda secara manual.

Ia mempunyai kemampuan untuk mendeteksi virus dengan sangat baik. Dan sudah dibekali dengan berbagai macam fitur fitur keren yang siap anda gunakan kapanpun dan dimanapun. Ketika melakukan scanning, ia hanya butuh waktu yang sedikit saja.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi untuk Memperkecil Ukuran Foto Terbaik

Nggak perlu nunggu waktu lama deh. Sayangnya, aplikasi ini dibuat dengan tampilan yang agak kurang menarik ya. Tapi kalau anda penasaran dengan berbagai keunggulannya, bisa banget coba download aplikasinya dulu, dan cobain. 

Morphost

Untuk rekomendasi aplikasi antivirus lokal terbaik yang berikutnya adalah aplikasi morphost. Namanya juga tergolong agak unik ya. Jadi, aplikasi ini merupakan aplikasi yang sudah ada dari tahun 2009 lalu, tepatnya di bulan Agustus. Ia mempunyai berbagai macam keunikan dan keunggulan. 

Dengan bantuannya, anda dapat mendeteksi virus executable, kemudian virus macro, seluruh file yang sudah terinfeksi virus, file yang component adanya virus, virus script, dan lain sebagainya deh.

Codenesia malware cleaner

Kalau membaca namanya saja, sudah ketahuan kalau aplikasi ini pasti berbau malware atau virus ya. Dalam artian, berbau hal hal yang berhubungan dengan virus di komputer pastinya. Ia merupakan aplikasi yang seringkali disingkat dan disapa dengan cmc. Biar mudah penyebutannya.

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sederhana, namun mempunyai banyak fitur lengkap yang menarik. Sehingga menjadi salah satu aplikasi antivirus lokal terbaik yang sangat unggul dan banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Ia merupakan aplikasi yang terkenal aman, akurat, cepat, dan nyaman juga tentunya. Ada segudang keunggulan yang dimiliki oleh cmc.

Salah satunya adalah terdapat metode checksum ringkas yang super maksimal. Jadi, file yang terinfeksi virus yang menyamar juga bisa ditemukan. Selain itu, pihak aplikasi juga nggak berani loh nyentuh file system, termasuk ketika terinfeksi virus.

Gucup antivirus

Adapun rekomendasi yang terakhir adalah aplikasi gucup antivirus. Namanya masih cukup unik ya. Tapi tetap terlihat aplikasi antivirus, karena ada embel embel antivirusnya.  Untuk menyebutnya, cukup singkat saja dengan gav. Ia merupakan aplikasi yang sederhana, dengan tampilan yang super ramah pengguna.

Sehingga memungkinkan anda buat menggunakannya dengan sangat mudah dan nyaman. Aplikasi ini mempunyai kemampuan untuk mendeteksi virus dengan baik. Bahkan, anda juga dapat memverifikasi perangkat.

Gimana, keren-keren banget kan produk dalam negeri? Nggak kalah bagusnya deh dengan produk luar. Jadi mulai sekarang, nggak perlu lagi ragu ketika akan menggunakan produk lokal yang notabenenya merupakan produk produk yang dibuat oleh anak negeri.

Kemampuannya nggak kalah kok. Nah, itulah dia beberapa rekomendasi dari kami. Ada yang bisa digunakan secara gratis, dan ada yang harus berbayar.

Jadi nanti tinggal sesuaikan saja dengan kemampuan dan kebutuhan anda. Kalau mau maksimal ya bisa gunakan yang berbayar saja. Demikian pembahasan singkat dan sederhana kali ini. Silahkan memilih. Semoga bermanfaat, semoga membantu, dan selamat mencoba.