10 Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Pending Terus

10 Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Pending Terus -Whatsapp, atau yang bisa kita sebut dengan WA adalah sebuah aplikasi berkirim pesan instan yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, terlebih lagi para kaum muda. Menariknya, dengan bantuan aplikasi ini, semua penggunanya dapat berkirim pesan secara mudah dan simpel.

Bahkan yang tidak kalah menariknya lagi adalah, sudah banyak sekali vendor yang menawarkan penggunaan aplikasi wa secara gratis, unlimited selama sebulan penuh pada produk produk yang mereka tawarkan. Keren sekali bukan?

Maka dari itu, mengingat pentingnya aplikasi ini, wajar kalau kemudian nggak sedikit para pengguna whatsapp yang langsung kebingungan ketika mendapati pesan mereka pending.

Terlebih lagi ketika sedang mengirimkan file penting yang mendesak.

Nah, apakah anda pernah mengalami hal tersebut? Kalau pernah, apa yang anda lakukan? Hanya panik semata, atau diam saja?

Tenang, nggak perlu khawatir kok. Karena sebenarnya, cara mengatasi pesan whatsapp pending terus tergolong mudah. Daripada penasaran, bisa simak 10 cara mengatasi pesan whatsapp pending terus berikut ini. 

Cara mengatasi pesan whatsapp pending terus

Berikut ini merupakan 10 cara yang bisa dilakukan ketika pesan yang anda kirimkan ternyata pending terus. 

Memeriksa jaringan internet

Untuk cara pertama, dan cara yang paling simpel dan mudah adalah dengan memeriksa jaringan internet pada ponsel.

Cara yang satu ini merupakan cara paling basic yang harus dilakukan pertama kali ketika mengalami permasalahan tersebut.

Dalam hal ini, tinggal cek saja apakah jaringan internet yang anda gunakan memang normal, atau sedang bermasalah.

Kalau sudah, jangan lupa untuk mengunci jaringan supaya stabil, dan pesannya bisa dikirimkan kembali. Cara menguncinya gimana?

Tenang, gampang kok. Tinggal buka saja menu settings ataupun pengaturan pada bagian pengaturan ponsel. Kalau sudah, pilih menu connections, dan pilih yang mobile networks. Dan klik networks mode. Terakhir, pilih yang LTE only.

Selesai. Nah, kalau misalnya jaringan yang anda gunakan ternyata belum 4G LTE, nggak apa-apa kok. Karena cara ini juga bisa digunakan kalau mau mengunci jaringan apapun yang sedang anda gunakan.

Mengaktifkan mode pesawat

Adapun cara mengatasi pesan whatsapp pending terus yang kedua adalah dengan mengaktifkan mode pesawatnya.

Untuk saat ini, masih lumayan banyak yang belum menyadari, kalau ternyata, mode pesawat bisa anda manfaatkan untuk mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi.

Terutama masalah-masalah yang menyangkut jaringan. Termasuk ketika pesannya pending terus.

Dengan mengaktifkan mode pesawat ini, maka jaringannya bakalan kerasa lebih fresh loh. Sehingga bakalan memperbaiki beberapa masalah yang sebelumnya terjadi.

Adapun cara mengaktifkan mode pesawatnya bisa disesuaikan dengan jenis ponselnya. Karena pada umumnya, setiap ponsel pasti menawarkan cara yang berbeda-beda.

Mengaktifkan mode pesawatnya nggak perlu lama-lama kok. Cukup beberapa detik saja.

Baca Juga :  Cara Top Up Gopay

Misal, hanya mengaktifkannya selama 3 sampai 5 detik saja. Kalau sudah, bisa dimatikan mode tersebut, dan hidupkan jaringan yang akan digunakan. 

Cek penghemat daya android 

Cara mengatasi pesan whatsapp pending terus yang lainnya adalah dengan mengecek penghemat daya android.

Jadi, nyaris semua android masa kini telah dibekali dengan berbagai macam fitur yang menarik. Salah satunya adalah fitur penghemat daya, alias penghemat data.

Nah, fitur ini berguna untuk menghemat daya baterai ketika baterai ponsel sudah tinggal sedikit.

Dan biasanya, ketika kondisi baterai memang benar-benar sudah hampir habis, maka fungsi fungsi androidnya juga bisa saja tidak berjalan maksimal. Sehingga, hal tersebut bisa saja membuat pesan yang telah anda kirimkan terpending.

Nah, ketika anda sedang mengalami masalah tersebut, coba di cek kembali, apakah fitur mengaktifkan penghemat dayanya sudah aktif?

Kalau sudah aktif, wajar kalau kemudian pesannya masih pending terus. Maka cara mengatasinya adalah dengan mengaktifkan mode tersebut.

Gampang banget kan? Setelah menonaktifkan mode hemat baterai, maka pesan anda akan segera terkirim, dengan catatan, paket internetnya sudah anda aktifkan.

Pada umumnya, pengguna android kerap mengaktifkan mode tersebut ketika sedang mati listrik atau berada di daerah yang jarang listrik.

Ia kan? Kalau di ponsel Oppo Reno 5 sendiri, cara menonaktifkan mode atau fitur tersebut tergolong sangat mudah.

Karena anda hanya perlu menggeser tombol yang terletak di sebelah kiri saja ke kiri, agar keluar langsung dari model tersebut. 

Menggunakan aplikasi VPN

Pernah mendengar kata VPN? Bagi yang suka mengikuti perkembangan teknologi, pasti sudah nggak asing sih dengan yang namanya VPN. Ia kan? Terlebih lagi bagi mereka yang notabenenya adalah para konten kreator.

Nah, VPN sendiri adalah sebuah aplikasi yang membantu kita seolah-olah sedang berada di negara lain, alias sedang mengakses internet di negara tertentu.

Dalam hal ini, kita sebagai penggunanya, bisa dengan bebas memilih negara mana yang ingin kita gunakan.

Yang, jelas ada lumayan banyak manfaat dari VPN, terutama untuk yang konten kreator. Lantas, apa hubungannya VPN dengan pesan whatsapp yang pending terus?

Jadi, perlu diketahui, bahwasanya kadang kalah, mungkin jaringan anda sedang dibatasi oleh pihak whatsapp untuk mengakses aplikasi mereka.

Sehingga akan menghambat proses mengirim pesan dan menerima pesan. Oleh karena itu, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan VPN.

Gimana, gampang kan? Buat yang belum pernah bersinggungan dengan aplikasi ini pasti masih bertanya-tanya, bagaimana cara menggunakannya?

Tenang saja, karena cara menggunakannya tergolong super mudah kok. Bahkan, nggak butuh waktu sampai sejam.

Banyaknya aplikasi VPN yang beredar di internet mungkin bakalan membuat anda bingung akan pakai aplikasi yang mana. Kalau misalnya bingung, bisa kok menggunakan aplikasi yang kami rekomendasikan.

Kayak tunnelbear, turbo VPN, VPN master, Samsung Max, Turbo VPN, Thunder VPN Express VPN, dan yang lainnya.

Sementara menggunakannya, bisa dengan download dulu aplikasi yang akan digunakan, lalu buka dan jalankan aplikasi tersebut, aktifkan VPN, lalu pilih jaringan negara yang akan anda gunakan, kalau sudah aktif, coba buka aplikasi wa, dan kirimkan pesannya kembali. Gimana, gampang kan? 

Baca Juga :  Download WhatsApp Plus APK

Membersihkan cache atau sampah aplikasi

Tahu nggak sih, bahwa sebenarnya, di masing-masing HP kita itu ada yang namanya sampah. Dan sampah tersebut bakalan menumpuk kalau nggak sering sering dibersihkan.

Sampah aplikasi atau cache aplikasi ditimbulkan oleh kegiatan kita selama menggunakannya.

Sehingga, makin sering kita menggunakan sebuah aplikasi, sampahnya juga sudah pasti bakalan makin banyak.

Bayangkan saja, kalau selama dua bulan nggak pernah dibersihkan, bukankah jumlah sampahnya bakalan banyak banget?

Nah yang perlu diketahui juga adalah, sampah yang menumpuk akan mempengaruhi performa aplikasi.

Itu artinya, ketika sampah aplikasi wa anda sudah banyak dan menumpuk, mungkin akan menyebabkannya membuat pesan wa terpending terus.

Kalau sudah seperti ini, maka nggak ada solusi lain yang bisa anda lakukan selain membersihkan sampah sampah tersebut.

Cara ini bukan hanya berlaku untuk aplikasi wa ya. Tapi juga berlaku kalau anda menggunakan aplikasi lain, dan menemukan beberapa masalah.

Lantas, gimana sih cara menghapus atau membersihkan sampah aplikasi tersebut?

Tenang saja, karena caranya tergolong sangat mudah, dan nggak membutuhkan waktu yang banyak kok. Paling, hanya beberapa detik saja.

Pertama, buka atau  akses menu pengaturan atau settingan pada ponsel. Kemudian, buka bagian app and notifications.

Kalau sudah, cari aplikasi whatsapp, dan masuk ke storage atau penyimpanan, klik clear cache. Selesai deh. Perlu digaris bawahi ya, bahwa cara tersebut mungkin nggak bisa kalau diterapkan pada beberapa ponsel.

Karena pada dasarnya, setiap ponsel pasti menawarkan cara menghapus sampah yang berbeda-beda kan?

Nantinya tinggal disesuaikan saja. Yang jelas, untuk menghapus sampah aplikasi, anda dapat memanfaatkan menu pengaturan pada ponsel ya. 

Install ulang aplikasi

Cara mengatasi pesan whatsapp pending terus yang berikutnya adalah dengan menginstall kembali aplikasi.

Biasanya, dengan menginstall kembali aplikasi akan membuat anda menggunakan aplikasi yang versi terbaru, dan dijamin terbaik.

Bahkan, akan ada beberapa fitur terbaru yang membuat pengalaman anda menggunakan aplikasi menjadi lebih berkesan.

Kalau untuk cara menginstall ulang kembali aplikasi, kalian pasti sudah pada bisa dan biasa ya. Jadi, nggak perlu kami jelaskan bagaimana step by stepnya.

Mencopot pemasangan aplikasi pembersih RAM

Selain bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan menginstall ulang aplikasi, anda juga bisa mengatasi permasalah dengan mencopot pemasangan aplikasi pembersih RAM.

Untuk saat ini, memang sih, sudah banyak sekali aplikasi aplikasi pembersih RAM yang beredar.

Dan biasanya, nggak sedikit para pengguna android yang terbaru untuk menggunakannya.

Dengan alasan, supaya bisa memaksimalkan kinerja RAM ponsel. Padahal, perlu diketahui, bahwa ternyata, aplikasi model ini dapat mengganggu sistem pada aplikasi lain. 

Dan nggak memungkinkan untuk mengganggu sistem pada aplikasi wa anda kan?

Maka dari itu, dapat kita simpulkan, bahwasanya aplikasi aplikasi pembersih RAM tergolong nggak begitu bagus buat digunakan, karena dapat mengganggu sistem pada aplikasi lain.

Maka dari itu, utk mengatasinya, anda dapat menghapus aplikasi tersebut saja. Agar semua aplikasi pada ponsel dapat berjalan lancar, dan bisa digunakan dengan mudah tanpa kendala apapun.

Baca Juga :  Daftar Aplikasi Desain Rumah

Dan bisa kita katakan juga, kalau aplikasi sejenis ini sebenarnya nggak begitu dibutuhkan oleh ponsel kok.

Karena biasanya, setiap ponsel sudah mendapatkan aplikasi pembersihnya masing-masing. Jadi, tinggal manfaatkan yang ada saja ya. 

Bersihkan data aplikasi

Adapun cara lainnya yang juga kami rekomendasikan adalah dengan membersihkan data aplikasi.

Jadi, selain bisa mengatasi pesan yang pending terus dengan menghapus sampah aplikasi, ada kok cara lain yang bisa anda lakukan. Yakni, dengan menghapus data aplikasi.

Hanya saja, kami sarankan untuk mencoba beberapa cara di atas dahulu ya.

Dan kalaupun memang ingin mencoba cara satu ini, pastikan kalau anda sudah menghapus semua pesan yang ada, dengan memanfaatkan fitur cadangkan obrolannya. 

Dalam artian yang sederhana, amankan dahulu semua data-data penting yang ada.

Karena ketika data aplikasi anda hapus, maka aplikasinya bakalan seperti baru lagi, sehingga membuat semua data hilang dan terhapus. Mulai dari chattingan, kemudian profil, file, dan yang lainnya.

Untuk membersihkan data aplikasi, bisa pergi ke menu settings atau pengaturan, buka menu app and notifications, klik yang aplikasi whatsapp.

Kemudian, klik yang menu clear data. Kalau sudah, buka lagi aplikasi wa nya, dan login kembali ke akun anda sebelumnya.

Ikuti semua proses login sebagaimana biasanya, mulai dari verifikasi, dan yang lainnya. Terakhir, jangan lupa untuk mengklik menu restore, agar semua pesan yang telah dicadangkan dapat terakses kembali.

Update ke versi yang terbaru

Cara terakhir yang juga nggak ada salahnya buat dicoba adalah dengan mengupdate wa ke versi yang terbaru. Yang namanya aplikasi, pasti mengalami updatean seiring dengan perkembangan waktu.

Dan ketika anda menggunakan versi yang sudah lawas atau lama, akan ada beberapa fitur yang nggak berfungsi, sehingga bakalan membuat proses penggunaan terhambat.

Kalau permasalahannya ada pada versi wa yang anda gunakan, maka satu-satunya cara yang meski dilakukan adalah dengan mengupdate wa anda ke versi yang benar-benar baru.

Untuk cara mengupdatenya terbilang mudah. Anda bisa mengeditnya langsung ke aplikasi google play store saja.

Yakni dengan membuka aplikasi tersebut, kemudian klik kolom pencarian, dan ketikkan tulisan whatsapp.

Ketika sudah muncul hasilnya, klik aplikasi yang  paling atas, dan klik tombol update atau perbarui yang terdapat di sebelah kanan layar. 

Gimana, gampang banget kan? Jadi, anda bisa identifikasi permasalahannya terlebih dahulu.

Dalam artian, cari tahu dulu sebenarnya apa yang menyebabkan pesan anda terpending terus. Kalau sudah, anda bisa menentukan kira-kira solusi apa yang dapat diterapkan. Ia kan?

Yang pasti, ketika semua cara tersebut gagal, dan nggak membuahkan hasil sama sekali, satu-satunya cara yang meski anda lakukan adalah dengan me-reset ulang ponsel yang digunakan.

Karena masalahnya mungkin terjadi pada sistem ponselnya, bukan pada aplikasi atau jaringannya.

Sekian sekilas informasi mengenai 10 cara mengatasi pesan whatsapp pending terus yang dapat anda coba satu persatu. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.