10 Cara Mengatasi Aplikasi Facebook yang Tidak Bisa Dibuka, Ampuh

10 cara mengatasi aplikasi Facebook yang tidak bisa dibuka supaya normal kembali
Facebook termasuk salah satu aplikasi lawas yang masih tetap gemar digunakan oleh banyak orang.

Hanya saja, ketika bermain Facebook mungkin ada beberapa diantara kita yang mengalami hal-hal tidak mengenakkan. Salah satunya adalah Facebook yang tidak bisa dibuka.

Jadi bagi Anda yang kesal dengan permasalahan tersebut tentu bisa membaca ulasan 10 cara mengatasi Facebook yang tidak bisa dibuka supaya normal kembali berikut ini.

Cara mengatasi Facebook yang tidak bisa dibuka

Sebenarnya terdapat beberapa alasan mengapa Facebook tidak bisa dibuka. Dan ini tentu akan sangat mengganggu. Terutama ketika Anda memang sedang mempunyai hal-hal penting di dalamnya.

Adapun alasan-alasan yang menyebabkan hal tersebut seperti jaringan yang tidak stabil, akun yang dikunci atau diblokir, informasi akun yang salah, dan juga yang lainnya.

Nah daripada penasaran dan kesal sendiri mending langsung cek beberapa cara memperbaikinya berikut ini.

Memeriksa koneksi internet

Permasalahan yang paling sering muncul tentu dikarenakan koneksi internet yang memang tidak stabil. Misal jaringan internet Tengah Down.

Nah jika Facebook yang tidak bisa dibuka tersebut memang dikarenakan koneksinya yang sedang tidak bagus maka anda mungkin bisa mencoba cara yang satu ini.

Tenang aja caranya gampang banget kok. Pertama Anda bisa langsung masuk ke bagian pengaturan. Pengaturan ponsel loh ya. Kemudian tinggal pilih yang bagian jaringan dan internet.

Berikutnya masuk ke menu kartu SIM. Lalu aktifkan toogle data seluler. Anda dapat mempertimbangkan untuk mengaktifkan roaming. Karena memang bakalan menyedot pulsa.

Gimana gampang banget kan? Semisal cara mengatasi Facebook yang tidak bisa dibuka satu ini masih belum berhasil maka anda perlu mencoba cara-cara yang lainnya.

Baca Juga :  Ukuran Kertas A2

Hapus sampah Browser

Anda pasti pernah mendengar istilah cache kan? Jadi cache sendiri merupakan sampah yang terdapat pada ponsel ataupun aplikasi.

Yang mana ketika ia menumpuk karena tidak dibersihkan akan mengganggu sistem operasi pada ponsel ataupun pada sebuah aplikasi.

Untuk itu bisa saja aplikasi Facebook anda yang tidak bisa dibuka itu disebabkan oleh banyaknya sampah yang menumpuk pada browsernya.

Dan ini berlaku bagi Anda yang kerap kali menggunakan browser ketika mengakses aplikasi Facebook.

Adapun cara yang dapat dilakukan ialah dengan buka browser yang biasa anda gunakan.

Kemudian tinggal klik icon berbentuk tiga model vertikal terdapat di sebelah kanan bagian sudut atas, dengan demikian akan muncul beberapa menu yang bisa dipilih.

Dan untuk menghapus sampah yang ada tinggal klik menu setting, kemudian pilih privasi dan security, terakhir klik clear browsing data.

Kalau sudah melakukan hal tersebut maka semua sampah yang ada akan terhapus. Adapun pilihan lain Anda dapat menghapus riwayat pencarian dan juga cookiesnya. Hal ini supaya bisa meningkatkan tingkat keberhasilannya.

Menghapus sampah aplikasi

Biasanya tidak sedikit juga orang-orang yang membuka aplikasi Facebook dengan menggunakan aplikasi. Dan perlu diketahui juga bahwasanya aplikasi juga mempunyai sampah loh.

Sehingga harus dibersihkan agar tidak menimbulkan masalah. Caranya juga tidak kalah mudahnya dengan cara mengatasi Facebook yang tidak bisa dibuka di atas.

Seperti anda perlu membuka bagian menu pengaturan, lalu Scroll sampai menemukan menu manajemen aplikasi. Berikutnya klik aplikasi Facebook, ikuti dengan mengklik menu penggunaan penyimpanan.

Terakhir klik hapus sampah. Selesai deh. Dengan cara-cara yang simpul tersebut maka semua sampah-sampah aplikasi yang terdapat pada aplikasi Facebook anda akan langsung dibersihkan. Dan siap untuk digunakan kembali.

Instal ulang aplikasi

Untuk cara mengatasi Facebook yang tidak bisa dibuka berikutnya adalah dengan menginstal ulang aplikasi. Cara menginstal ulangnya tentu sangatlah mudah.

Pertama buka pengaturan, lalu pilih menu aplikasi. Kemudian klik tulisan Facebook pada bagian pencarian, kalau aplikasinya sudah muncul tinggal diklik saja aplikasinya.

Baca Juga :  Pengertian Flowchart dan Cara Memanfaatkannya

Berikutnya klik Copot pemasangan, dan anda tinggal mendownloadnya kembali lewat aplikasi Google Play Store ataupun App Store. Biasanya cara ini tergolong sangat ampuh untuk mengatasi Facebook yang tidak bisa dibuka.

Menghapus data Facebook

Selain bisa mengatasi Facebook yang tidak bisa dibuka dengan menghapus sampah-sampah yang ada, Anda juga bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan menghapus data Facebook.

Dengan menghapus data maka akan di reset kembali informasi-informasi terkait dengan Facebook anda. Mulai dari pengaturannya, sampai dengan akses login.

Untung langkah-langkahnya sendiri nggak berbeda jauh kok dengan cara-cara di atas.

Yakni Anda perlu masuk ke bagian pengaturan, pilih menu manajemen aplikasi, Cari sampai menemukan aplikasi Facebook, kemudian pilih bagian paksa berhenti, dan terakhir pilih hapus data.

Cara ini sudah sangat umum kita ketahui jadi gampang lah ya buat nyobanya sendiri.

Periksa izin aplikasi Facebook

Adapun aplikasi mengatasi aplikasi Facebook yang tidak bisa dibuka berikutnya ialah dengan memeriksa izin aplikasi Facebook.

Jadi kalau misalnya anda merasa koneksi jaringan sudah kuat tapi Facebooknya tetap nggak bisa dibuka mungkin perlu mencoba cara satu ini. Pertama buka aplikasi Facebook anda.

Kemudian masuk ke bagian pengaturan caranya adalah dengan mengklik ikon. 3 vertikal yang ada di bagian atas. Kalau sudah di klik pasti akan muncul berbagai macam menu yang bisa dipilih.

Dan untuk mengatasinya Anda pilih yang bagian setting and privasi dan klik lagi tulisan setting. Kemudian Scroll ke bawah sampai menemukan menu permission.

Anda dapat memeriksa setiap opsi yang ada. Maka dari itu pastikan bahwa seluruh akses Facebook sudah diizinkan.

Perbaharui aplikasi Facebook

Setiap aplikasi pasti mempunyai waktunya masing-masing untuk diperbaharui. Termasuk aplikasi Facebook. Hal ini bertujuan agar anda menggunakan aplikasi yang mempunyai performa sangat baik.

Jadi wajar sekali Jika saat menggunakan aplikasi yang versi lawas anda akan mengalami beberapa masalah. Mulai dari Facebook yang nggak bisa dibuka sampai dengan fitur-fitur yang tidak dapat diakses.

Baca Juga :  Ukuran Kartu ATM Sesuai Standar

Kalau sudah demikian anda perlu memperbaharui Facebooknya. Adapun cara yang bisa dilakukan ialah dengan membuka aplikasi Google Play Store pada ponsel Anda. Kemudian cari saja aplikasi Facebook.

Kalau sudah ketemu klik bagian update ataupun Perbaharui kalau memang tersedia. Tunggu hingga prosesnya selesai. Mudah banget toh?

Membuka aplikasi lewat komputer

Kalau ngerasa beberapa cara mengatasi Facebook yang tidak bisa dibuka di atas nggak juga berhasil, mungkin anda perlu membuka Facebook lewat komputer.

Karena mungkin permasalahannya bukan pada aplikasi yang digunakan melainkan pada ponsel yang digunakan. Tentu cara ini tergolong sangat ampuh untuk membuka aplikasi Facebook kembali.

Anda tinggal menyalakan komputer, kemudian membuka aplikasi pencarian yang sering digunakan, lalu buka jendela baru di browsernya dan Masukkan alamat Facebook.

Melakukan pengecekan status server Facebook

Adapun cara yang lainnya ialah dengan melakukan pengecekan terhadap status server Facebook anda. Hal ini dikarenakan aplikasi Facebook memang sering melakukan perawatan ataupun maintenance.

Dengan tujuan supaya aplikasi tersebut mempunyai performa yang sangat baik.

Dan kadang-kadang para penggunanya tidak mengetahui hal tersebut. Maka dari itu untuk melakukan pengecekan status server Facebook Anda bisa menggunakan pihak ketiga yang terpercaya.

Salah satunya adalah is it down right now? Yang mana dengan situs tersebut Anda dapat melakukan pengecekan terhadap sebuah server Apakah sedang down atau justru sebaliknya.

Kalau memang penyebab tidak bisanya dibuka adalah server yang down maka satu-satunya cara yang mesti dilakukan adalah dengan menunggu hingga proses maintenance selesai.

Hal ini dikarenakan daunnya bukan hanya terjadi pada perangkat ataupun aplikasi anda saja. Melainkan terjadi pada semua pengguna Facebook karena sifatnya yang global.

Menghidupkan VPN

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan VPN. Cara satu ini bisa digunakan untuk mengatasi Facebook anda yang gak bisa dibuka lagi terutama ketika facebook atau aplikasi lain Tengah diblokir oleh pihak pemerintah.

Karena pada dasarnya situs-situs ataupun aplikasi yang telah diblokir oleh pihak pemerintah hanya bisa dibuka dengan menggunakan VPN.