10 Cara Mempercepat Download Torrent 

10 Cara Mempercepat Download Torrent  – Selama ini tampaknya masih banyak orang orang yang kerap mendownload berbagai macam jenis file lewat google. Ntah itu file film, atau yang lainnya. Padahal sebenarnya, anda bisa kok mendownloadnya lewat yang lain.

Yakni dengan memanfaatkan torrent. Ada yang baru dengar istilah ini? Torrent sendiri merupakan sebuah file yang punya banyak informasi file yang dikemas di dalam satu file. Untuk filenya disebut dengan kata bittorrent. Di dalamnya anda dapat mendownload file dengan sangat mudah, sesuai dengan kebutuhan lah ya.

Apalagi nih, mendownload dengan torrent cukup lengkap. Jadi, bener bener recomended banget buat digunakan dan dipilih.

Tapi sayang, nggak semua orang dapat mendownload banyak file di torrent dengan mudah dan lancar, pasti ada aja kendalanya. Maka kalau anda tertarik untuk mendownload lewat torrent ini, ternyata menemukan kendala, sudah seharusnya anda mulai mengikuti cara mempercepat download torrent berikut.

Cara mempercepat download torrent

Cara ini akan memudahkan anda ketika akan mendownload dengan torrent. Tentu, cara ini bakalan ngebantu banget. Secara, mendownload dengan cukup lama terbilang membosankankan? Maka dari itu, sudah waktunya nih menggunakan cara cara berikut. 

Memperhatikan seeder dan leecher

Cara pertama adalah dengan memperhatikan seeder dan leecher. So, ketika mendownload lewat torrent, maka anda bakalan bertemu dengan dua istilah ini.

Untuk seeder, ia adalah orang yang telah selesai mendownload file lewat torrent ini, sementara leecher ialah giliran, alias sebutan buat orang yang lagi ngantri ketika akan mendownload menggunakan torrent. Menarik kan? Dalam hal ini, supaya proses downloadnya cepat, disarankan buat memilih yang seeder dengan leechernya banyak ya. 

Baca Juga :  Profil Pendiri Grab dan Sejarahnya

Menambah trackers

Untuk cara yang kedua adalah dengan menambahkan trackers. Cara ini tergolong ampuh dan sangat penting diperhatikan.

Caranya mudah banget kok, hanya sekedar menyalin info hash dari file yang tengah di download. Lalu paste ke google, sebagaimana anda ingin memperoleh sebuah informasi di google pada umumnya. 

Kemudian, tinggal cari file torrent lainnya yang berasal dari situs yang berbeda, sesuai dengan informasi yang sudah anda dapatkan dari hash tersebut. Jika sudah, maka tinggal klik yes, dan proses download akan dimulai. Gimana, gampang banget kan? Kalau ngerasa cara ini gampang, cobain deh.

Atur Jumlah Peer

Cara mempercepat download torrent yang berikutnya adalah dengan mengatur jumlah peer. Selain ada istilah leecher dengan seeder, di torrent juga ada istilah lain nih. Salah satunya adalah peer. Nah, peer ini merupakan sebuah istilah yang sangat umum dan harus diketahui oleh para pengguna torrent.

Peer adalah seluruh pengguna torrent, baik pengguna yang tengah mendownload, ataupun pengguna yang tengah mengupload.  Yang jelas, ketika peernya semakin banyak, pasti akan membuat prosed downloadnya menjadi lebih lambat.

Tenang saja, karena ini bisa diatasi dengan mudah. Anda bisa pergi ke bagian options, kemudian pilih yang preference, dan pilih bandwith, kemudian tinggal tentukan saja maximum number of connected peer per torrent. Mudah sekali bukan?

Cek ke Versi Terbaru uTorrent

Sementara untuk cara yang lainnya ialah degan mengecek versi terbaru mereka. Dalam artian, anda meski memastikan bahwasanya anda selalu menggunakan yang versi terbaru. Karena biasanya, penggunaan versi lama juga berpengaruh terhadap kecepatan pendownloadan.

Makin lama versi yang digunakan, bakalan makin lama proses downloadnya. Maka dari itu, usahakan buat selalu mengecek apakah ada versi yang terbaru. Jika ada, silahkan di update ke versi yang terbaru tersebut. Cara mengecek ada versi terbaru atau tidaknya juga sederhana.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Android Tercanggih

Yang perlu dilakukan hanyalah buka menu help, kemudian klik yang ada tulisan check for updates. Udah, gampangkan? Bahkan cara ini nggak perlu waktu bermenit menit.

Cek Koneksi Internet

Kalau sudah melakukan beberapa cara mempercepat download torrent di atas, tapi masih lemot juga, waktunya mengecek koneksi internet yang digunakan. Karena bisa saja, masalahnya bukan ada pada komputer maupun software yang anda gunakan.

Melainkan pada koneksi internetnya. So, pastikan kalau koneksi internet yang anda gunakan benar benar baik dan stabil. Bisa aja sih pakai wifi, yang penting, pengguna wifinya nggak terlalu banyak. Karena kalau banyak, pasti rebutan kan? Sehingga membuat koneksinya melemah. 

Prioritaskan uTorrent

Nah cara yang lainnya ialah dengan memprioritaskan utorrent. Di mana, cara satu ini bisa dilakukan dengan cara menyeting atau mengaturnya di bagian laptop anda. Hal ini supaya utorrent menjadi prioritas utama. Dalam artian, ia menjadi tujuan utama untuk kinerja yang maksimal.

Cara yang perlu dilakukan untuk memprioritaskan utorrent ialah dengan pergi ke bagian task manager pada komputer, klik bagian process, dan pilih yang software utorrent yang anda gunakan, kemudian klik go to details, dan ubah setting di sana menjadi high. Dengan demikian, maka utorrent menjadi prioritas sekarang. 

Jangan Mendownload Sekaligus

Sementara cara yang selanjutnya adalah dengan tidak mendownload sekaligus. Dalam artian, jangan mendownload beberapa file sekaligus, atau di waktu yang bersamaan. Karena ini bisa memperlambat prosesnya.

Sebenarnya, bisa saja sih, karena pihak softwarenya memberikan kesempatan alias membolehkan para penggunanya buat mendownload beberapa file sekaligus, tapi harus diketahui bahwasanya cara tersebut ternyata bisa memperlambat proses pendownloadan.

Hal ini dikarenakan internet yang ada akan terbagi bagi, dan saling berebutan. Satu untuk file yang pertama, satu untuk file kedua, dan seterusnya. Maka dari itu, usahakan untuk menyelesaikan satu file dulu, baru melanjutkan file yang selanjutnya secara teratur satu per satu.

Baca Juga :  10 Situs Penyedia Gambar Gratis Terbaik 

Cara yang bisa dilakukan ialah dengan pergi ke bagian options, dan pilih preference, ubah bagian maximum number of active download 1 ataupun dua file, dan selesai. Dengan demikian, maka pihak software bakalan secara otomatis mendownload file lainnya kok.

Lakukan Force Start

Cara mempercepat download torrent yang selanjutnya ialah dengan force start. Kalau mengacu ke informasi yang ada di wikihow, para pengguna software yang satu ini bisa saja memaksa file untuk mendownload dengan cepat loh. Menarik sekali bukan?

Caranya ialah dengan mengklik pada tulisan force start di bagian file yang bakalan di download. Dengan demikian, maka akan ada paksaan atau sedikit paksaan agar proses downloadnya menjadi lebih cepat. Meskipun saat itu koneksi internet anda sedang lemot.

Ubah Pengaturan Advanced

Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk mempercepat prosed downlaod dengan torrent ialah mengubah pengaturean advanced.  Cara ini juga terbilang cukup membantu loh. Adapun cara yang meski dilakukan ialah dengan memperhatikan settingan atau pengaturan dari software yang digunakan.

Untuk caranya, anda cuma perlu mengganti beberapa komponen saja. Tulisan allow same ip, bisa diganti dengan true. Kemudian, show notorrent node diganti menjadi false, update interval menjadi 20, dan yang terakhir mengganti max half open jadi 50 hingga 100.

Kalau sudah selesai mengganti atau mengaturnya, maka silahkan klik tulisan apply, kemudian ok. Gimana, apakah proses downloadnya sudah berbuah menjadi lebih cepat? 

Atur Kecepatan Download dan Upload

Cara terakhir adalah dengan mengatur bagian kecepatan download dan uploadnya. Cara ini juga harus dipertimbangkan ya. Untuk mengaturnya, silahkan perhatikan bagian options. Lalu tinggal pilih yang preference, dan pilih bandwith. Atur kecepatannya. 

Nah itulah dia 10 cara mempercepat download torrent yang bisa dilakukan. Cara cara di atas terbilang ampuh, sehingga recomended buat digunakan. Semoga bermanfaat dan semoga membantu ya. Selamat mencoba.