10 Aplikasi Informasi Gempa dan Bencana Terbaik

10  Aplikasi Informasi Gempa dan Bencana Terbaik – Sampai kapanpun, nggak bakalan ada orang yang tahu kapan akan terjadinya musibah. Termasuk gempa bumi ya. Bahkan untuk saat ini, sudah tidak terhitung lagi sudah berapa kali terjadi bencana alam di tanah air.

Mulai dari gunung berapi, banjir, sampai dengan gempa bumi. Meskipun tidak ada seorangpun yang tahu kapan terjadinya musibah gempa bumi, namun ada tanda tanda yang bisa diperhatikan. Dan di tengah perkembangan teknologi seperti ini, sudah banyak informasi terkait dengan potensi gempa.

Salah satunya adalah lewat aplikasi informasi gempa dan bencana terbaik. Yang mana, aplikasi aplikasi model ini akan sangat bermanfaat, terlebih lagi untuk anda yang tinggalnya di daerah rawan gempa.

Aplikasi aplikasi berikut bisa didownload ke ponsel yang anda gunakan ya. Bagi yang penasaran, bisa simak beberapa rekomendasi aplikasinya berikut ini. 

Aplikasi informasi gempa dan bencana terbaik

Info BMKG

Kalau sudah ngebahas aplikasi informasi gempa dan bencana terbaik, pasti kita nggak bisa melepaskan diri dari yang namanya aplikasi BMKG. Ia kan? Yang mana, BMKG sendiri merupakan singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Yang sampai saat ini masih menjadi aplikasi nomor satu di tanah air.

Dengan bantuannya, anda dapat mengetahui bencana gempa yang kekuatannya lebih dari 5.0 magnitudo dalam waktu yang sangat singkat. Yaitu lima menitan. Selain itu, masih ada informasi menarik lainnya yang bisa diketahui lewat aplikasi satu ini.

Mulai dari iklim, kemudian kualitas udara, kebakaran hutan, cuaca bandara, sampai dengan lahan dan cuaca jalur mudik. Menarik bangte kan?

Di dalam info BMKG juga tersedia berbagai macam fitur fitur keren yang dapat dimanfaatkan.  Salah satunya adalah fitur notifikasi. Yang mana, dengan fitur ini anda akan diberikan pemberitahuan tentang cuaca yang ada di tanah air. Ada siaran persnya juga loh.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Perekam Suara Terbaik

My Earthquake Alert

Aplikasi kedua yang juga kami rekomendasikan buat digunakan adalah aplikasi my earthquake alert. Dari namanya juga sudah kelihatan ya. Nah, bagi yang sudah menggunakan BMKG, tapi pengen menggunakan aplikasi sejenisnya yang lain, mungkin aplikasi my earth ini bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Ia bisa digunakan saat anda mau memantau gempa. Ada segudang fitur menarik di dalamnya. Termasuk peta gempa.  Ada fitur pencarian juga. Dengan fitur pencarian ini dapat digunakan saat anda ingin mencari tahu informasi tentang gempa gempa yang sudah pernah terjadi. Ia bisa anda gunakan secara gratis ya. 

inaRISK Personal

Semengara rekomendasi aplikasi informasi gempa dan bencana terbaik yang berikutnya adalah inarisk personal. Ia juga siap membantu anda untuk mencari tahu potensi, serta risiko bencana yang ada di sekitar.  Dan pihak aplikasi sudah melakukan kerjasama dengan BNPB loh.

Menarik sekali bukan? Bahkan, pihak inarisk nggak cuma kerjasama dengan BMKG doang, tapi juga kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dan yang lainnya. Dengan bantuannya pula, anda dapat mencari tahu risiko dari bencana bencana yang terjadi.

Info Gempa Bumi Terkini

Sesuai dengan namanya, info gempa bumi terkini adalah sebuah aplikasi yang siap memberikan informasi tentang gempa bumi, dengan kekuatan di atas 5.0.  Selain itu, pihak aplikasi juga bakalan memberikan informasi tentang jarak antara lokasi musibah atau lokasi yang terkena bencana dengan tempat tinggal anda.

Di dalamnya juga sudah ada alarm yang siap mengingatkan bencana.  Dan masih banyak fitur fitur menarik lainnya. Kalau penasaran dengan info gembar bumi terkini, bisa download aplikasi lainnya. 

MAGMA Indonesia

Aplikasi informasi gempa dan bencana terbaik yang lainnya adalah magma Indonesia. Magma ini adalah salah satu aplikasi yang recomended banget buat digunakan. Karena siap membantu anda untuk mengetahui berbagai macam informasi tentang bencana yang ada di tanah air.

Mulai dari gempa bumi, gunung berapi, tsunami, gerakan tanah, dan lain sebagainya. Sebagaimana aplikasi aplikasi sebelumnya, di dalam aplikasi magma indonesia juga sudah tersedia banyak fitur fitur interaktif yang menarik. Bagi yang masih bingung banget, bisa cobain aja aplikasi ini. 

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Catatan Terbaik

1Volcanoes and Earthquakes

Rekomendasi lainnya adalah 1volcanoes and earthquakes. Aplikasi keren ini juga siap memberikan banyak informasi tentang gempa dan erupsi gunung berapi. Nggak cuma yang ada di tanah air saja, tapi juga yang terjadi di seluruh dunia.

So, bagi yang ingin mencari tahu banyak informasi tentang gempa bumi yang terjadi di dunia, aplikasi satu ini adalah pilihan yang paling tepat. Kapan lagi kan, bisa mengetahui informasi cuma dari rumah saja. 

Seperti halnya aplikasi aplikasi lainnya, aplikasi ini juga dapat memberikan notifikasi terhadap bencana yang ada di sekitaran tempat tinggal anda.

Karena nantinya, pihak aplikasi bakalan menyajikan berbagai macam informasi yang cukup lengkap. Mulai dari jaraknya, kekuatannya, dan yang lainnya. Adapun data data yang terdapat di dalam aplikasi berasal dari banyak lembaga ya. 

EQInfo

Sementara rekomendasi aplikasi informasi gempa dan bencana terbaik yang berikutnya adalah eqinfo. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam informasi yang juga tergolong lengkap loh ya. Kemudian, ada segudang fitur menarik yang sangat bermanfaat buat digunakan.

Mulai dari informasi tentang bencana gempa bumi, kemudian peta gempa bumi yang terbaru, dan yang lainnya. Untuk informasi informasi yang ada di dalam aplikasi ini didapatkan pihak aplikasi dari BMKG, dengan lembaga lembaga yang lainnya.

Kalau penasaran dengan berbagai macam informasi yang menarik tentang aplikasi ini, bisa download aplikasinya sekarang deh.

BMKG Real-time Earthquakes

Untuk yang lainnya adalah BMKG Real time earthquakes. Bagi yang berkewarganegaraan Indonesia, dan saat ini tengah merantau di negara negara ASEAN, kayaknya aplikasi ini cocok deh buat anda gunakan. Karena bisa digunakan buat memantau informasi informasi tentang gempa yang terjadi.

Adapun tujuan dari aplikasi ini adalah untuk memberikan berbagai macam informasi gempa yang terjadi di negara negara ASEAN. Perlu diketahui, bahwasanya aplikasi ini adalah aplikasi yang dikonsep khusus untuk yang seismolog pelajar, alias orang orang yang mempunyai ketertarikan dengan gempa.

Baca Juga :  22 Aplikasi Pembuat Logo Terbaik Untuk HP dan PC

Yang untuk mempermudah lah ya. Terdapat segudang fitur fitur menarik di dalamnya. Kayak fitur peta, kemudian status analisis kejadian gempa, daftar 200 kejadian terakhir, pembaruan historis parameter gempa, usia kejadian, jarak lokasi anda dengan lokasi pusat gempa, dan yang lainnya.

Yang jelas, masih ada segudang fitur fitur keren lainnya yang juga patut buat digunakan.

WRS-BMKG

Informasi gempa dan bencana terbaik selanjutnya adalah wrs bmkg. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah memberikan informasi informasi lengkap tentang gempa yang berkekuatan 5.0 ke atas ya. Dan siap juga memberikan informasi tentang gempa bumi yang terjadi di tanah air.

Di dalamnya terdapat banyak fitur fitur keren yang bisa dinikmati. Mulai dari peta guncangan, peta prakiraan tinggi permukaan laut maksimum, tabular perkiraan level warning, warning zona warning, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat juga 30 an kejadian terakhir.

Kayak gempa bumi dengan kekuatan di atas 5.0, gempa bumi yang dirasakan, tsunami, urutan peringatan dini tsunami, dan yang lainnya deh.

Sistem Peringatan Dini Banjir Pemprov DKI

Sementara yang terakhir adalah aplikasi sistem peringatan dini banjir pemprov DKI. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi siapapun yang tinggal di Jakarta, atau di ibu kota ya. Ini merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi siapapun yang ingin tahu informasi tentang banjir ke depannya.

Penting banget deh.  Aplikasi yang satu ini bisa memberikan informasi tentang status tinggi air sungai di Jakarta, kemudian ada juga informasi tentang tinggi muka air selama 24 jam terakhir. Nggak cuma itu saja, aplikasi ini juga bahkan siap memberikan informasi informasi tentang banyak hal lainnya. 

Nah gimana, menarik sekali bukan? Demikian beberapa rekomendasi aplikasi informasi gempa dan bencana terbaik dari kami. Selamat mencoba, selamat memilih, dan semoga membantu. Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi ya. Bebas deh. Bisa menggunakan satu, dua, atau lebih sih ya. Bebas.